Apa Itu Minyak Makan Merah, Benarkah Lebih Murah dan Lebih Baik dari Minyak Goreng

Saat ini, Pemerintah mendorong masyarakat menggunakan minyak merah sebagai alternatif pengganti minyak goreng. Karena, minyak makan merah dinyatakan Presiden Jokowi lebih sehat dan lebih murah dibanding minyak goreng.

Lalu, apa itu minyak makan merah dan berapa harganya ?

Mengutip laman Indonesiabaik.id, Minyak makan merah atau disebut juga sebagai refined palm oil merupakan produk dari minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) yang setelah proses penyulingan tidak melanjutkan proses-proses selanjutnya.

Minyak ini memiliki warna terang mencolok yang berasal dari kelapa sawit. Sebab selama proses produksi, minyak makan merah tidak melalui proses penyulingan seperti minyak goreng sawit biasa.

Menurut Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), seperti yang dikutip dari laman Kementerian Pertanian, minyak makan merah masih mempertahankan kandungan senyawa fitonutrien yang meliputi karoten sebagai sumber vitamin A, tokoferol dan tokotrienol sebagai vitamin E, dan squalene.

Untuk itu, minyak makan merah berpotensi digunakan sebagai pangan fungsional, salah satunya sebagai salah satu bahan pangan yang anti-stunting.

Asam oleat dan asam linoleat yang dikandungnya berfungsi untuk pembentukan dan perkembangan otak, transportasi dan metabolisme pada anak. Minyak makan merah juga sesuai digunakan untuk menumis bahan pangan, salad dressing, bahan baku margarine dan shortening, dan sebagainya.

Berita Lanjutan : Ini Harga Minyak Makan Merah

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :