Ada Benarnya, Obat Luka dengan Povidone-Iodine Ampuh Bunuh Virus Corona, Ini Kata Ahli

Virus Corona hingga kini memang masih mewabah, sehingga para ahli kesehatan pun masih berupaya mencari solusi cara pengobatan yang efektif.

Baru-baru ini, di media sosial dihebohkan adanya kabar bahwa cairan dengan kandungan Povidone-Iodine ampuh membunuh SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

Seperti yang diunggah oleh akun instagram @infia_fact dengan caption-nya menyebut antiseptik Povidone-iodine atau umum terkandung dalam obat luka, betadine di Indonesia, terbukti efektif membunuh 99,99 persen SARS-CoV-2 dan menjadi viral di antara warganet.

Lalu, benarkah cairan Povidone-iodine ini ampuh membunuh virus corona?

Dr Panji Hadisoemarto MPH, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menjelaskan, betadine memang mengandung bahan aktif Povidone-iodin (PVP-I) yang sifatnya sebagai antiseptik.

Baca Juga :
Tiga Keluarga Dokter di Madura Meninggal karena Corona, Istri dan Anak Bayinya pun Positif Covid-19

Mendikbud Nyatakan Sekolah TK hingga SMK segera DIBUKA Bulan Juli, Ini Syarat dan Tahapannya

Povidone-iodin merupakan zat antimikroba yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa dan virus. “Jadi virus itu tidak bertahan lama kalau terpapar zat-zat antiseptik,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (16/6/2020).

Oleh sebab itu, ada benarnya betadine memiliki kemampuan untuk membunuh virus karena adanya kandungan zat antiseptik.

Namun terkait postingan di medsos yang menyatakan ampun membunuh virus corona penyebab Covid-19. Saat ini masih berdasarkan studi in vitro yang artinya masih dilakukan dalam tabung percobaan bukan pada makhluk hidup.

“Jadi mungkin dia membunuh virus dalam situasi tertentu di laboratorium,” ungkapnya.

Povidone-iodin Bukan Untuk Diminum Lho….

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :