Perguruan Tinggi di Semua Zona Dilarang Kuliah Tatap Muka, Ini Kata Mendikbud

Para Mahasiswa sepertinya bakal lebih lama belajar di rumah. Karena Mendikbud Nadiem Makarim menguntruksikan pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona wajib dilaksanakan secara daring, sampai ada kebijakan lebih lanjut.

Menurut Nadiem, keselamatan adalah yang nomor satu, dan saat ini perguruan tinggi masih harus melakukan secara online sampai ada kebijakan baru.

“Sampai saat ini belum berubah, jadi masih melakukan secara daring. Itu adalah keputusan dari Kemendikbud saat ini,” ungkapnya, dalam konferensi pers virtual, Senin (15/6/2020).

Nadien juga mengatakan, meski tahun akademik perguruan tinggi 2020/2021 tetap dimulai pada Agustus 2020 dan tahun akademik pendidikan tinggi keagamaan pada September 2020, pembelajarannya masih harus dilakukan secara daring untuk semua zona. “Masih online, belum belajar tatap muka, belum masuk,” tegasnya.

Baca Juga :
Tiga Keluarga Dokter di Madura Meninggal karena Corona, Istri dan Anak Bayinya pun Positif Covid-19

Mendikbud Nyatakan Sekolah TK hingga SMK segera DIBUKA Bulan Juli, Ini Syarat dan Tahapannya

Nadiem juga memyampaikan alasan, mengapa kampus dilarang untuk tatap muka. Karena universitas memiliki potensi mengadopsi pembelajaran jarak jauh lebih mudah dibanding pendidikan menengah dan dasar.

Sementara untuk mata kuliah yang tidak dapat dilaksanakan secara daring, Nadiem menyarankan untuk meletakkannya di bagian akhir semester. Seperti, penelitian di laboratorium untuk skripsi, tesis, dan disertasi.

Sedangkan aktivitas belajar yang tak bisa dilaksanakan online lainnya, seperti tugas laboratorium, praktikum, studio bengkel, dan hal-hal lain yang butuh peralatan dan mesin, diperbolehkan tapi harus memenuhi protokol kesehatan.

“Kenapa kita memperbolehkan itu, karena kita tidak ingin mengorbankan potensi dari setiap mahasiswa untuk lulus pada saat ini,” tandasnya.

Nadien juga mengatakan, mahasiswa tidak boleh berbondong-bondong masuk kampus, yang diperbolehkan hanya proyek individual untuk kelulusan.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber :
https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/103917571/mendikbud-perguruan-tinggi-di-semua-zona-dilarang-kuliah-tatap-muka

Baca juga :