Ternyata, Micin Bisa Dipakai Suburkan Tanaman, Ini Caranya

Ilustrasi tanaman di dalam rumah(SHUTTERSTOCK/New Africa)

Bagi pecinta tanaman mungkin akan kaget dengan informasi yang satu ini. Yakni, menyuburkan tanaman dengan menggunakan micin alias penyedap rasa atau Monosodium Glutamat ( MSG).

Meski terdengar aneh, tapi ini sebuah kenyataan. Seperti yang diungkap dalam video di Channel Youtube Tanaman Rumah.

Dalam video tersebut, Irfan seorang pegiat tanaman, memberi tips tentang manfaat micin yang baik untuk kesuburan tanaman di pekarangan rumah, seperti tanaman buah, tanaman hias, bunga, dan tanaman di polybag.

Selain itu micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, membuat daun hijau dan mempercepat tumbuhnya bunga hingga memperkuat akar tanaman.

“Micin atau MSG ini memiliki kandungan kalium dan natrium, yang mana kandungan tersebut baik buat pertumbuhan tanaman,” jelasnya.

Kata Irfan, sebelum memakai micin ke tanaman untuk pertumbuhan yang subur, pemilik tanaman sebaiknya sudah melakukan perawatan secara baik dan benar.

Kemudian, menyuburkan tanamannya dengan menggunakan micin. Yakni, bisa dengan metode disemprot maupun dikocor atau disiram bagian bawah tanaman.

Irfan juga menjelaskan, cara menyemprotnya, bisa disiapkan alat penyemprot tanaman berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air dan juga micin.

Caranya, masukkan 2 liter air ke alat penyemprot tanaman, lalu masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah selesai, semprotkan pada tanaman yang belum memiliki bunga dan buah di pagi hari.

“Air micin membuat daun jadi lebih hijau dan segar serta merangsang daun untuk menumbuhkan bunga jadi lebih cepat,” terangnya.

Agar hasilnya maksimal, penyemprotan menggunakan larutan air dan micin ini bisa dilakukan secara rutin minimal 5 hari sekali.

Sementara kalau dengan metode siram, perlu menyiapkan ember, air 1-2 liter, gelas kecil berukuran 250 cc dan micin. Takarannya, 1 liter air di ember bisa dicampurkan 5-6 gram micin. Kalau airnya 2 liter, micinnya 12 gram atau sekitar 1 sendok makan tapi tidak penuh.

Kemudian larutkan lalu ambil air micin setengah gelas dan siramkan ke bagian media tanam. Lakukan penyiraman di pagi hari dan lakukan seterusnya pada tanaman yang terdapat di perkarangan rumah.

Kata Irfan, tidak disarankan untuk menaburkan micin secara langsung ke tanaman. Karena justru tidak baik untuk tanaman dan tidak mebuat tanaman subur.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber ; Youtube/Tanaman Rumah

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :