6 Penumpang Pesawat Batik Air Diketahui Positif Corona, Rute Penerbangan pun Ditutup

Meski saat ini sudah menuju era peradapan baru di tengah pandemi corona, namun penyebaran covid-19 tetap menjadi atensi serius pemerintah.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, pada Sabtu (22/8/2020) ditemukan 6 orang penumpang pesawat Batik Air dari Jakarta ke Pontianak diketahui positif covid-19.

Harisson, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat mengatakan, keenam penumpang pesawat itu diketahui saat dilakukan tes swab secara acak kepada sejumlah penumpang maskapai penerbangan yang tiba di Bandara Supadio Pontianak, Sabtu pekan lalu.

“Saat itu, kita melakukan tes swab acak terhadap sejumlah penumpang Pesawat Garuda, Lion Air, Batik Air dan Citilink,” ungkapnya, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dari sampel swab yang diambil, langsung dilakukan uji laboratorium dengan motode real time polymerase chain reaction (RT-PCR) di Rumah Sakit Untan Pontianak.

“Hasilnya, sebanyak enam orang penumpang Pesawat Batik Air positif corona,” terangnya.

Kata Harisson, saat ini keenam penumpang pesawat tersebut menjalani isolasi dan Dinas Kesehatan juga melakukan tracing kontak terhadap keluarga dan kerabat penumpang.

Harisson juga mengatakan, pemeriksaan swab mendadak ini akan terus dilakukan di bandara dan pelabuhan untuk memeriksa orang-orang yang masuk ke Kalbar. “Terutama pesawat yang berasal dari zona merah,” tambahnya.

Sementara akibat adanya temuan 6 penumpang yang positif corona, penerbangan Batik Air rute Jakarta-Pontianak melalui Bandara Internasional Supadio ditutup sementara.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, penghentian operasional ini terkait dengan adanya penumpang pesawat Batik Air yang diketahui positif terjangkit virus corona.

“Batik Air tidak beroperasi mulai tanggal 24 hingga 30 Agustus 2020 atau sampai pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Meski demikian, Danang menjelaskan, untuk penerbangan pada Minggu (23/8/2020) tetap berjalan. Karena, para penumpang di penerbangan ini (tanggal dimaksud) tidak dapat diinfo dan akan dipindahkan ke maskapai lain. “Pelaksanaan penerbangan sebagaimana pedoman protokol kesehatan,” tandasnya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :