Soal Perizinan Pemain, Erick Thohir Akan Lobi Klub bila Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan melobi klub untuk memberikan izin pemain untuk membela timnas jika mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024, kata Endri Erawan, manajer Timnas U-23 Indonesia.

Tidak ada agenda FIFA untuk Piala Asia U-23 2024, tetapi PSSI tidak ingin ada perdebatan seperti izin pemain klub untuk memperkuat timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 akhir Agustus lalu.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar dari 15 April hingga 3 Mei tahun depan. Pada saat itu, Liga 1 musim 2023/2024, yang dimainkan sebagian besar oleh pemain timnas U-23 Indonesia, memasuki pekan-pekan terakhir babak reguler dan menjelang babak championship series.

“Sudah (ada antisipasi). Bahkan yang langsung koordinasi dan langsung bicara, Pak Erick kemungkinan. Karena ini kan tim ya, karena ini targetnya bukan target PSSI saja, tapi target bangsa kita untuk ke Olimpiade. Harus pemain terbaik yang mewakili,” ucap Endri setelah selesai menemani timnas U-23 berlatih di Stadion Sriwedari, Solo, Senin.

Endri mengatakan bahwa dia akan berkomunikasi dengan klub-klub Tanah Air jauh-jauh hari tentang izin pemain untuk memperkuat tim Garuda Muda agar tidak terulang masalah izin pemain seperti di Piala AFF U-23 2023.

“Kemungkinan kita akan bicara jauh-jauh hari dengan pemilik klub apabila kita lolos. Memang sudah dipersiapkan formula dari PSSI untuk bagaimana berbicara dengan klub-klub,” jelas Endri, yang juga merupakan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Indonesia tinggal selangkah lagi untuk lolos ke putaran final turnamen yang rencananya digelar di Qatar tahun depan nanti setelah meraih kemenangan telak 9-0 dari China Taipe pada laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 9 September.

Hal ini membuat Indonesia menjadi pemuncak klasemen sementara Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Turkmenistan pada posisi kedua dengan poin yang sama.

Selasa (12 September) adalah laga terakhir tim asuhan pelatih Shin Tae-yong. Tim akan melawan Turkmenistan pukul 19.00. Pada pertandingan tersebut, Indonesia hanya membutuhkan satu poin atau hasil imbang untuk mengunci juara grup dan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya dalam sejarah. (tmp/ram)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :