Hadirnya Robot ‘Hubungan Intim’ Membantu atau Mengganggu ya ?, Ini Kata Para Ahli

Kemajuan teknologi semakin tak terbentung, banyak kegiatan manusia yang digantikan mesin atau robot, tidak terkecuali urusan bercinta.

Berawal dari boneka dan alat bantu seks, kini manusia menciptakan robot yang dibuat khusus untuk aktivitas seksual.

Seperti halnya boneka seks, robot seks penampakannya benar-benar realistis dan dibuat semirip mungkin dengan manusia. Bahkan, robot seks bisa dibuat sesuai kebutuhan dan selera pemiliknya.

Teknologi memungkinkan robot seks dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan bisa berbincang-bincang sederhana.

Para penciptanya mengklaim bahwa robot seks tidak berbahaya sama sekali. Bahkan, keberadaan robot seks disebut bisa mencegah terjadinya pelecehan seksual dengan memastikan hasrat seksual pemiliknya “terpenuhi”.

Itulah sebabnya, robot seks didesain tidak terbatas gender. Bukan hanya untuk laki-laki saja, tapi juga perempuan. Namun benarkah klaim ini sepadan dan didukung dengan bukti ilmiah?

Tim peneliti dari NHS London dan King’s College London berkolaborasi untuk menjawabnya. Mereka adalah Chantal Cox-George dan Susan Bewley yang mengumpulkan database segala informasi terkait klaim benarkah robot seks memiliki therapeutic effect.

Didukung dengan riset komprehensif dan diskusi bersama pakar lain, hingga kini tak ada bukti bahwa sexbot berdampak pada kesehatan mental seseorang.

Di sisi lain, beberapa keuntungan dari memiliki robot seks yang disebutkan dalam hasil penelitian mereka di antaranya:

– Seks lebih aman
– Mengubah norma masyarakat
– Potensi menjadi terapi
– Potensi untuk menyembuhkan pedofil dan pelaku kekerasan seksual

Klaim yang ada saat ini adalah bahwa sex robot mereduksi keinginan pemiliknya untuk terlibat dalam sex trafficking atau sex tourism.

Sementara untuk parameter seks lebih aman, ini karena robot seks lebih aman dari bakteri ketimbang bergonta-ganti pasangan yang rentan menjadi media penularan infeksi menular seksual.

Bagaimana anda berminat memikili robot seks dirumah? (tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :