Hutan Kayu Putih Mojokerto Terbakar

Hutan kayu putih di Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, terbakar pada Senin (7/8/2023) petang.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 17.30 WIB. “Kebakaran terletak di Petak 76 D RPH Kupang BKPH Kemlagi, KPH Mojokerto Desa Kupang, Kecamatan Jetis,” jelasnya.

Kata Khakim, kebakaran dapat segera diatasi petugas pemadam kebakaran (damkar) dan instansi terkait karena adanya laporan dari masyarakat. Berdasarkan keterangan masyarakat saat lewat di jalur Jetis-Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, tepat di utara Wisata Bukit Kayu Putih ada kebakaran hutan.

“Ada laporan masyarakat jika ada kebakaran di utara bukti kayu putih, Babinsa setempat mendatangai lokasi dan selanjutnya melaporkan ke pihak BPBD Kabupaten Mojokerto. Sehingga tim Damkar langsung ke lokasi untuk melakukan pembasahan karena area kebakaran tidak begitu besar,” ucapnya.

Sekira pukul 18.30 WIB, api berhasil dipadamkan petugas Damkar BPBD Kabupaten Mojokerto. Sementara luas area lahan dan hutan yang terbakar 150 meter.

“Banyak rumput kering di wilayah Kabupaten Mojokerto yang muda terbakar. Sehingga kami sampaikan kepada masyarakat agar tidak membuang benda panas yang memicu api di lahan kering terutama terutama di lahan Perhutani, seperti membuang putung rokok dan membakar sampah sembarangan,” tegasnya.

Berdasarkan status tanggap darurat bencana tahun 2023, terdapat enam kecamatan yang rawan kebakaran hutan . Yakni Kecamatan Trawas, Pacet, Gondang, Jatirejo, Kemlagi, dan Dawarblandong. Data BPBD Kabupaten Mojokerto menyebutkan, selama musim kemarau tahun 2023 ini, setidaknya dua peristiwa kebakaran hutan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto yakni Kecamatan Trawas dan Jatirejo.

Yakni kebakaran yang melanda lereng Gunung Welirang di wilayah RPH 07 Mojokerto UPT Tahura masuk Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas pada bulan Mei lalu dan kebakaran hutan jati wilayah KPH Pasuruan di Desa Sumberjati, Kecamatan Jatirejo pada pekan lalu seluas kurang lebih  1,5 hektar. (bjt/gk/ram)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :