Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

Keringat seringkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Padahal, keringat sebenarnya merupakan cairan yang tidak berwarna dan berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak yang bukan merupakan zat-zat pemicu munculnya bau badan. Penyebab bau keringat, atau lebih sering dikenal dengan istilah bau badan, sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri.

Di tubuh manusia, terdapat jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh dan berfungsi membantu pertahanan alami kulit. Bakteri-bakteri tersebut bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi seperti daerah ketiak. Untuk bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka. Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang.

Selalu ada cara untuk menghilangkan bau badan. Tak perlu bersusah-susah, beberapa bahan alami yang mudah Kamu temui sehari-hari ternyata juga bisa membantumu mengatasi masalah bau badan, lho. Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan tak sedap:

1. DAUN SIRIH
Daun sirih merupakan bahan alami untuk mengatasi bau badan tak sedap. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih dimulai dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air. Setelah mendidih, tuang air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Pakai air rebusan tersebut untuk mandi dua kali sehari.

2. CUKA SARI APEL
Sudah menjadi rahasia umum jika cuka sari apel dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, cuka sari apel dapat menghilangkan bau badan secara cepat. Oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum Kamu mandi dengan sabun. Cara ini bisa Kamu lakukan setiap sebelum mandi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

3. BAKING SODA
Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai baking soda. Bahan satu ini memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat.(nes/tim)

sumber: https://www.rexona.com

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :