Kylian Mbappe Raih Sepatu Emas di Piala Dunia 2022

Sepatu Emas adalah salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan di Piala Dunia 2022. Penghargaan ini diberikan kepada pencetak gol terbanyak di turnamen tersebut.

Striker Prancis Kylian Mbappe memuncaki daftar pencetak gol terbanyak dengan delapan gol, satu lebih banyak dari Lionel Messi dari Argentina. Ia mencapai daftar puncak pencetak gol setelah mengantongi hat-trick di laga final meskipun kalah dari Argentina melalui adu penalti.

Jumlah assist digunakan untuk menentukan peringkat pemain yang memiliki jumlah gol yang sama. Jika mereka sama dalam kedua hitungan, pemenang ditentukan oleh siapa yang bermain paling sedikit. Dengan hitungan ini, pemain Argentina Julian Alvarez, yang juga mencetak empat gol, finis di belakang Giroud.

KYLIAN MBAPPE
• Pemain berusia 23 tahun itu mencetak gol melawan Australia dalam pertandingan pembuka Grup D timnya dan mengantongi dua gol di babak kedua saat melawan Denmark. Dua kemenangan membuat Prancis mengamankan tempat di sistem gugur.
• Andalan Prancis ini gagal mencetak gol ke gawang Tunisia. Les Bleus mencatatkan kekalahan di pertandingan grup terakhir mereka.
• Ia mencetak dua gol lagi dalam kemenangan 3-1 melawan Polandia di babak 16 besar, tetapi tidak mampu mencetak gol saat Prancis menang 2-1 di perempat final atas Inggris dan menang 2-0 atas Maroko di semifinal.
• Mbappe mencetak hat-trick di final melawan Argentina. Ia mencetak dua gol dari titik putih.

LIONEL MESSI
• Bintang Argentina berusia 35 tahun itu membuka keran gol dengan melakukan tendangan penalti dalam kekalahan mengejutkan Grup C dari Arab Saudi. Setelah itu, ia mencetak gol dan membantu terciptanya Enzo Fernandez dalam kemenangan penting atas Meksiko.
• Messi mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Argentina atas Australia di babak 16 besar. Ia membuat timnya unggul setelah 35 menit pertanidingan berjalan. Di situ, ia juga mencetak gol internasionalnya yang ke-94.
• Ia juga membantu satu gol dan mencetak gol dalam kemenangan perempat final Argentina atas Belanda.
• Messi sangat terlibat dalam kemenangan 3-0 Argentina di semifinal atas Kroasia. Ia mencetak satu gol dan memberikan assist untuk rekan setimnya Julian Alvarez, yang mencetak dua gol.
• Dia menambahkan dua gol lagi ke penghitungannya di final.

OLIVIER GIROUD
• Giroud, 36 tahun, melampaui Thierry Henry untuk menjadi pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa. Ia mencetak gol ke-52 dalam 117 penampilan untuk Les Bleus dalam kemenangan 3-1 babak 16 besar Piala Dunia mereka atas Polandia.
• Dia menyamai rekor Henry setelah mencetak dua gol saat Prancis menang 4-1 atas Australia dalam pertandingan pembuka Grup D.
• Giroud juga mencetak gol dalam kemenangan 2-1 Prancis di perempat final atas Inggris, tetapi ia gagal mencetak gol di semifinal atau final.

DAFTAR TOP SKOR PIALA DUNIA 2022
8 Gol: Kylian Mbappe (Prancis)
7 Gol: Lionel Messi (Argentina)
4 Gol: Julian Alvarez (Argentina), Olivier Giroud (Prancis)
3 Gol: Richarlison (Brasil), Enner Rashford (Ekuador), Marcus Rashford (Inggris), Bukayo Saka (Inggris), Cody Gakpo (Belanda), Goncalo Ramos (Portugal), ALvaro Morata (Spanyol)

(tim/say)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :