Batik Air Ngerem Mendadak di Bandara Soetta, Ini Kronologinya

Batik Air menjelaskan penyebab pesawatnya sempat mengerem mendadak saat akan take off dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Diketahui, pesawat yang sempat ngerem mendadak ini memiliki rute Jakarta menuju Makassar.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan, pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6236 dijadwalkan berangkat pada pukul 05.30 WIB dari Soetta. Pesawat ini berjenis Airbus 320-200 dengan registrasi PK-BKF.

“Dalam penerbangan ini, Batik Air bersiap untuk menerbangkan enam kru pesawat dan 131 tamu (penumpang). Setelah tahapan dan prosedur penanganan pesawat dan tamu di darat selesai, pesawat bergerak dan berada di landas pacu (runway) guna persiapan lepas landas (take off)” ucap Danang dikutip dari detikNews, Sabtu (30/7/2022).

Danang menambahkan, akhirnya, pilot memutuskan membatalkan dan menunda keberangkatan atau rejected take off (RTO). Dia menyebut kondisi mesin saat itu masih rendah.

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan pada ID-6236, pilot memutuskan untuk membatalkan dan menunda keberangkatan (rejected take off/ RTO) kondisi kecepatan mesin masih rendah, dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan salah satu komponen pada pesawat perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, pilot melaporkan atas situasi yang terjadi dan mengemudikan pesawat kembali ke area/ landas parkir (apron),” jelasnya.

Lalu, setelah posisi berhenti, awak kabin mengarahkan penumpang kembali ke terminal keberangkatan. Danang pun meminta maaf atas peristiwa yang membuat penumpang tak nyaman ini.

“Kepada seluruh tamu bahwa penerbangan ID-6236 mengalami penundaan keberangkatan dipindahkan (mengganti) dengan menggunakan pesawat Batik Air lainnya. Penerbangan ID-6236 dipersiapkan menggunakan Airbus 320-200 registrasi PK-LUR dengan status kondisi laik terbang dan aman. Penerbangan ID-6236 menggunakan jadwal keberangkatan pukul 09.19 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 12.24 WITA,” beber Danang.(tim/Sam)

 

 

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :