100 Pelaku UMKM Mojokerto Mendapat Pelatihan Digital Entrepreneur

Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM Kabupaten Mojokerto berkesempatan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan diadakannya pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Pengelolaan Keuangan.

Pelatihan ini dlakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, yang bertempat di hotel Ayola, Kota Mojokerto, Selasa, (21/3/2022).

Dalam pelatihan tersebut, Diskominfo Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya. Peserta diikuti sebanyak 100 orang dari pelaku UMKM Kabupaten Mojokerto. Masing- masing terdiri dari 50 peserta dari UMKM dan 50 peserta dari dari Ibu Rumah Tangga yang berkeinginan untuk berwirausaha. Pelatihan tersebut digelar selama dua hari, dimulai 21 hingga 22 Maret 2022.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan bahwa pihaknya bersyukur ada program dari kementerian Kominfo yang dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto. Menurutnya DEA pengelolaan keuangan digital ini bisa meningkatkan skill para UMKM dalam hal penguasaan di dunia digital. Besar harapan bisa berpengaruh terhadap peningkatan nilai tambah sektor usahanya.

“Mau tidak mau memang sekarang ini pasar digital merupakan salah satu peluang besar yang harus segera kita tangkap yakni merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, termasuk juga menyesuaikan dengan perubahan pasar yang juga semakin marak penggunaan dari pasar digitalnya,” ungkapnya.

Bupati Mojokerto juga menyampaikan bahwa untuk menangkap peluang peningkatan kapasitas dan keterampilan penguasaan digital di bidang usaha, Pemkab Mojokerto akan bekerjasama dengan Kementrian Kominfo.

“Kita akan tangkap itu, kita akan luaskan, tidak hanya pada usaha mikro kecil, tetapi juga dibidang-bidang lain, termasuk di bidang pemerintahan, juga di tenaga kerja yang baru, memang semuanya harus kita update skillnya terkait dengan penguasaan teknologi informasi,” jelasnya.

Terpisah, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani menyampaikan bahwa Digital Talent Scholarship sendiri adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi. Program ini mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

“Dalam program pelatihan ini BPSDMP Kominfo Surabaya sudah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia,” jelasnya.

“Untuk Skema program pelatihan ini, Lanjut Eka, pihaknya akan menyesuaikan dengan kebutuhan kabupaten Mojokerto, yakni yang dibutuhkan kali ini adalah pelatihan DEA atau digital kewirausahaan,” pungkas Eka. (Fad/Sam)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :