Diam-Diam Terungkap, 90 Siswa SMPN 4 Terpapar Covid-19, Ini Penyebabnya

Sebanyak 90 siswa SMPN 4 Mrebet Purbalingga, Jawa Tengah.dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan rapid test antigen massal oleh Dinkes setempat pada Senin (20/9/2021).

Ada dugaan, penyebaran Covid-19 di SMPN 4 tersebut setelah pihak sekolah diam-diam menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum ada keputusan Satgas Covid-19.

Joko Sumarno, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga mengatakan, pihaknya masih menggali informasi dan klarifikasi dari Kepala SMPN 4 Mrebet Purbalingga.

“Pembelajaran tatap muka (PTM) kan sebenarnya juga belum berjalan, apa itu kucing-kucingan atau bagaimana, ini yang masih akan kami cari tahu dari kepala sekolahnya,” ungkap Joko seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (21/9/2021).

Sementara itu, Kepala Dinkes Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan, SMPN 4 Mrebet sempat memulai pembelajaran tatap muka (PTM) sebelum ada keputusan Satgas Covid-19.

“Sudah berlangsung (PTM) selama satu-dua minggu, terus ada yang bergejala dan banyak yang mengalami hal serupa, demam, flu,” kata Hanung.

Dari temuan itu, kepala sekolah berinisiatif menghubungi dinkes untuk melakukan rapid test antigen secara massal. Dari 350 sampel usap, 90 siswa menunjukkan hasil positif Covid-19. “Hari ini kami putuskan isolasi terpusat di gedung sekolah,” ujar Hanung.(tim/say)

Baca juga :