Bila Ada Keluarga yang Positif Covid-19, Ini Cara Merawat saat Isoman

1. Kamar tidur

Kamar tidur anggota yang positif Covid-19 harus terpisah atau beda kamar? Dan tempatkan di kamar dengan ventilasi alami yang baik, pencahayaan yang baik, dan ada ruang untuk beribadah.

Selain itu, obat-obatan dan peralatan medis, seperti oxymeter dan thermometer. Juga perlu diajak komunikasi agar tidak stress.

2. Kamar mandi

Sama seperti kamar tidur, kamar mandi dan tempat cuci tangan juga harus terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Begitu juga semua peralatan mandi yang disendirikan. Jika tidak memungkinkan, sebaiknya sering dibersihkan dengan desinfektan setiap setelah digunakan oleh anggota keluarga yang positif Covid-19.

3. Sampah

Sampah dimasukkan di dalam plastik terpisah yang diletakkan di dalam kamar anggota keluarga yang positif Covid-19. Anggota keluarga yang sehat harus memakai masker dobel dan sarung tangan saat mengambilnya. Segera cuci tangan pakai air dan sabun setelah membuang sampah.

4. Mencuci pakaian

Mencuci pakaian anggota keluarga yang positif Covid-19 juga harus dilakukan secara terpisah dari anggota keluarga lain. Pakai masker dobel dan sarung tangan karet saat mencuci pakaian.

Sebelum mencucinya, ada baiknya merendam pakaian dengan deterjen lebih dulu. Cuci tangan pakai sabun dan air selama 20 detik setelah mencuci pakaian.

5. Makan

Gunakan alat makan yang berbeda dengan dengan anggota keluarga lainnya, simpan di tempat berbeda, dan cuci dengan air dan sabun cuci piring. Pakai sarung tangan dan masker dobel saat memberikan makan dan mengambil kembali peralatan makan.

Jika pasien tidak mungkinkan untuk makan sendiri, anggota keluarga yang merawat sebaiknya memakai alat pelindung diri dan lakukan protokol kesehatan yang baik.

Dan yang jiga harus diperhatikan adalah, anggota keluarga yang merawat sebaiknya dalam kondisi sehat dan tidak termasuk golongan kelompok berisiko tinggi Covid-19, yaitu lansia, ibu hamil, dan orang yang memiliki penyakit bawaan.(tim/say)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :