Muncul Gundukan Aneh di Mojokerto, Ternyata Dalamnya Candi Megah

Keunikan peninggalan sejarah zaman dulu selalu saja memiliki daya pikat tersendiri. Terutama peninggalan candi yang eksotis dan memiliki filosofi. Diantaranya, peninggalan Kerajaan Majapahit.

Salah satu temuan yang sempat menghebohkan adalah adanya penemuan bangunan Candi oleh salah seorang petani di wilayah Trowulan, Mojokerto pada tahun 2008.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, dipastikan, gundukan tanah yang menjadi lokasi penemuan adalah benar-benar bangunan Candi Megah yang kemudian dinamai dengan Candi Wates Umpak, sesuai dengan nama desa dari lokasi gundukan tanah tersebut.

Namun, hingga kini ekskavasi atau penggalian terhadap Candi tersebut baru terlaksana sebanyak 50%, menjadikan kemegahan Candi Wates Umpak masih berbentuk gundukan tanah.

Penasaran bagaimana gundukan tanah yang merupakan bangunan Candi tersebut? Simak rangkuman mengenai Candi Wates Umpak yang dilansir dari YouTube Kuno Brono pada Sabtu (3/7/2021).

1. Awal Mula Ditemukan

Bangunan Candi tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh salah seorang petani setempat yang sedang melakukan penggalian bebatuan dari gundukan tanah yang terletak di wilayah Desa Wates Umpak.

Menariknya, konon sang petani dikabarkan mendapat petunjuk melalui mimpi untuk melakukan penggalian terhadap gundukan tanah tersebut.

Setelah ditelusuri oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Timur, dipastikan bangunan tersebut merupakan Candi yang diperkirakan peninggalan kerajaan Majapahit abad ke-13.

Berita Lanjutan : Begini kondisi dan bentunya

Baca juga :