RS Tawarkan Isolasi Mandiri Berbayar, Ini Kata Kemenkes

Kasus lonjakan Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan membuat Sejumlah rumah sakit di DKI Jakarta menawarkan paket isolasi mandiri bertarif mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 6 juta.

Informasi yang dihimpun oleh suaramerahputih.com, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan tawaran layanan RS Swasta itu muncul setelah kasus COVID-19 melonjak di DKI Jakarta.

“Ini layanan service RS swasta yaa, pilihan untuk isoman (isolasi mandiri) ya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan, Nadia Wiweko, Jumat (25/6/2021).

Nadia mengatakan layanan isolasi mandiri bertarif ini bukan ditawarkan oleh rumah sakit berpelat merah atau milik pemerintah. Dia memastikan layanan tersebut diberikan oleh RS Swasta bagi masyarakat yang ingin jasa isolasi mandiri.

“Tidak ada (rumah sakit pemerintah), Iya maksudnya pilihan masyarakat untuk isoman. Ini tawaran layanan swasta jasa pelayanan isoman,” ucapnya.

Lebih lanjut, Nadia menyebut layanan jasa ini muncul lantaran permintaan terkait isolasi di rumah sakit meningkat. Tak hanya itu, ini juga dampak dari peningkatan kasus COVID-19 di DKI Jakarta.

“Iya sebab kasus meningkat banyak, RS swasta memberikan layanan isolasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, paket isolasi mandiri yang ditawarkan rumah sakit swasta ini memiliki tarif yang bervariasi, mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 6 juta.

Sejauh ini yang termurah adalah Rumah Sakit Brawijaya yang menawarkan paket silver sebesar Rp 599.000 serta paket gold dengan harga Rp 1.79 juta.

Pelayanan yang didapat pasien untuk paket silver yakni konsultasi serta pemeriksaan tes swab PCR, paket vitamin,serta free chat dengan dokter selama 14 hari.

Sementara paket gold yakni pemantauan kesehatan oleh dokter dari awal hingga akhir masa isolasi, paket vitamin, tes swab PCR, serta free chat dengan dokter selama 14 hari.

Ada pula, Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi yang menawarkan 3 paket isolasi mandiri.

“Mari lindungi diri dan orang terdekat Anda dari Covid-19,” tulis RSCK Tzu Chi lewat akun Instagram @rsck.tzuchi seperti dilihat detikcom, Jumat (25/6/2021).(tim/Sam)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :