Terbukti, Golongan Darah Ini Lebih Rentan COVID-19, Kok Bisa?

Jakarta – Sebuah fakta mengejutkan didapat dari studi terbaru membuktikan bahwa seseorang dengan golongan darah tertentu memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular COVID-19, disebutkan dalam studi tersebut bahwa virus SARS-CoV-2 ternyata tertarik pada antigen golongan darah A yang ditemukan pada sel pernapasan.

Informasi yang dihimpun oleh suaramerahputih.com, pada penelitian tersebut, para peneliti fokus pada protein reseptor binding domain (RBD) yang terdapat pada permukaan SARS-CoV-2 dan merupakan bagian virus yang menempel pada sel inang. RBD SARS-CoV-2 itulah yang dijadikan target penelitian untuk dipelajari bagaimana COVID-19 dapat menginfeksi manusia.

Lebih lanjut, studi tersebut memaparkan bagaimana RBD SARS-CoV-2 berinteraksi dengan sel darah merah dan pernapasan dalam golongan darah A, B, serta O. Menurut hasil penelitian yang diunggah ke jurnal Blood Advances pada 3 Maret itu, RBD SARS-CoV-2 ternyata memiliki preferensi kuat untuk mengikat golongan darah A yang ditemukan di sel pernapasan.

Namun, pada golongan darah lain yang ditemukan pada sel penapasan atau sel darah merah, RBD SARS-CoV-2 tidak memiliki preferensi seperti pada golongan darah A. Pada pasien dengan golongan darah A, preferensi RBD SARS-CoV-2 dapat mengenali dan menempel pada antigen di golongan darah A serta ditemukan di paru-paru pasien.

“Menarik bahwa RBD virus hanya benar-benar lebih menyukai jenis antigen golongan darah A yang ada pada sel pernapasan, yang mungkin merupakan cara virus memasuki sebagian besar pasien dan menginfeksi mereka,” ungkap penulis studi Dr. Sean Stowell, dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston, dikutip dari MedicalXpress.

Hal ini lah yang kemudian dapat membantu para peneliti mendapatkan wawasan mengenai hubungan potensial antara golongan darah A serta infeksi COVID-19.

“Golongan darah merupakan tantangan karena diturunkan dan bukan sesuatu yang bisa kami ubah. Tetapi jika kami dapat lebih memahami bagaimana virus berinteraksi dengan golongan darah pada manusia, kami mungkin dapat menemukan obat-obatan baru atau metode pencegahan,” lanjutnya.

Tetapi, peneliti juga melampirkan catatan yang menjelaskan bahwa temuan ini rupanya masih belum dapat sepenuhnya menggambarkan atau memprediksi bagaimana COVID-19 akan mempengaruhi pasien dari berbagai golongan darah.(Mya/tim)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :