Patroli Kentongan, Cara Unik Edukasi Masyarakat Mojokerto di Tengah PPKM Mikro

Mojokerto – Patroli Kentongan, sebuah cara unik petugas gabungan di Mojokerto, untuk mengedukasi masyarakat di RT agar terapkan PPKM Mikro, Patroli kentongan salah satunya digelar di RT 2 RW 1 Desa Puloniti, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun oleh suaramerahputih.com, petugas gabungan polisi, TNI dan Pemerintah Desa Puloniti berkeliling di RT 2 RW 1 sambil menabuh kentongan. Dipimpin langsung Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, petugas juga membagikan masker gratis dan memberi edukasi ke masyarakat tentang protokol kesehatan (prokes).

“RT ini mengaktifkan kearifan lokal untuk menyampaikan imbauan-imbauan dan edukasi tambahan kepada masyarakat di PPKM mikro. Yaitu dengan patroli sambil menabuh kentongan,” kata Dony kepada wartawan di lokasi, Senin (15/2).

Dengan mengangkat kearifan lokal, Dony ingin meningkatkan semangat gotong-royong warga yang tinggal di lokasi PPKM skala mikro. Selain itu, kesadaran masyarakat dalam mematuhi prokes untuk mencegah penyebaran COVID-19 juga semakin tinggi.

“Masyarakat gotong-royong, penuh kesadaran disiplin mematuhi prokes dan segera melaporkan apabila ada gejala mengarah ke COVID-19. Sehingga bisa segera ditangani secara medis,” terangnya.

Dalam waktu dekat, Dony berencana akan menggelar rapid test antigen massal di beberapa titik PPKM skala mikro. Tentunya pihaknya akan bekerjasama dengan Pemkab Mojokerto.

“Harapannya PPKM mikro bisa lebih menekan angka COVID-19 di Kabupaten Mojokerto,” tandasnya.

Sampai hari ini Kabupaten Mojokerto masih berstatus zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penyebaran COVID-19. Terdapat 1.988 orang yang terinfeksi virus Corona. Terdiri dari 43 pasien menjalani perawatan, 1.879 pasien sembuh, serta 66 pasien meninggal dunia (Mya/tim)
Redaksi :Suara Merah Putih
Sumber : detik.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :