Sempat Diterjang Banjir, Wisata Sumber Biru Jombang Tetap Buka

Banjir yang menerjang kawasan Jombang sejak akhir Januari 2021 hingga 5 Februari 2021, membuat berbagai fasilitas umum rusak dan terganggu, mulai dari jembatan yang terputus, jalan nasional diterjang banjir, rumah warga rusak parah dan juga kawasan wisata yang porak poranda.

Salah satunya adalah wana wisata Sumber Biru di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang yang diterjang banjir luapan air sungai pada Minggu lau (31/1/2021). Akibatnya, seluruh bagian wisata angkringan di tengah sungai itu porak poranda. Untung saja tidak ada korban.

Sekedar informasi, Wisata Sumber Biru ini merupakan wisata kuliner yang menyuguhkan pemandangan alam pegunungan, hingga menyediakan angkringan di tengah aliran sungai. Lokasinya berada di pegunungan Anjasmoro, tepatnya di Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Pada saat diterjang banjir, Minggu (31/01), wisata ikonik ini disapu banjir besar yang menerjang wahana angkringan yang berada do sepanjang aliran sungai. Bahkan, dalam videonya viral di media sosial.

Dalam video itu terlihat, saat kejadian banjir ada beberapa pengunjung di lokasi dan merekam kejadian tersebut. Tampak juga derasnya air berwarna cokelat dan beberapa orang menyelamatkan meja, kursi yang digulung oleh derasnya air.

Sementara Yuli Adi Atmiko, Pengelola Wana Wisata Sumber Biru mengatakan, banjir yang menerjang tempat usahanya ini terjadi pada pada Minggu (31/01) sekitar pukul 16.30 WIB yang dipicu tingginya curah hujan tinggi di wilayah Wonosalam.

“Luapan air itu sudah biasa terjadi di Sumber Biru, cuman kemarin itu memang intensitasnya tinggi dan terjadi ranting pohon menghambat aliran air di sungai Sumber Biru,” terangnya, seperti dikutip dari jatimtimes.com, Senin (01/02).

Atmiko juga mengatakan, saat kejadian tersebut di wisata Sumber Biru memang sedang ramai pengunjung. Tapi, tidak ada yang sedang berada di tengah sungai, karena sebelumnya sudah diimbau dengan pengeras suara dan diarahkan ke warung-warung dan gazebo-gazebo yang ada di area wisata.

“Pada video yang seperti ada orang hanyut, itu adalah petugas kita yang sedang lagi menaikkan meja dan kursi. Tujuannya agar aliran air itu normal,” terangnya.

Indahnya Wisata Hits Instagenik di Jombang, Bisa Ngopi di Tengah Sungai, Ini Foto-Fotonya

Atmiko juga mengatakan, luapan air yang menerjang Sumber Biru itu terjadi hingga pukul 20.00 WIB. Dan saat air mulai surut tersebut, petugas pengelola wisata kembali menata meja dan kursi di tengah sungai. Dan, esok harinya sudah buka seperti biasa dengan meningkatkan pengamanan.

Atmiko juga mengaku senpat khawatir pengunjung wisata kuliner di tengah sungai tersebut akan ngedrop, tapi ternyata tidak terjadi. Pengunjung tetap berdatangan mulai pagi hingga sore.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Jatimtimes.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :