Mensos Risma Bakal Hapus Semua BLT, Ini Gantinya

Tri Rismaharini, Menteri Sosial yang baru bakal segera menghapus semua bantuan langsung tunai (BLT). Hal ini disampaikan Risma dalam sambutannya saat dilantik sebagai Menteri Sosial.

Kata Risma, BLT ini akan diganti dengan sistem bantuan digital atau transaksi online (daring). “Tidak akan ada lagi kas atau tunai dalam bentuk apapun,” ungkapnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Risma juga mengatakan, semua transaksi bantuan akan dilakukan ecara elektronik. Selain itu, hal yang terpenting yang akan dilakukan adalah perbaikan data penerima bantuan.

Kata Risma, untuk memperbaiki data ini, kementerian sosial akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri bagian kependudukan.

“Karena hari ini di-update mungkin hari ini pula ada yang meninggal, dan pindah, dan sebagainya,” tegasnya.

Risma juga menyampaikan alasan perubahan metode pemberian bantuan ini, diantaranya bertujuan untuk mempercepat perbaikan data yang lebih efektif.

Sekedar informasi, Tri Rismaharini dipilih sebagai Menteri Sosial oleh Presiden RI Joko Widodo, menggantikan menteri sebelumnya, yakni Juliari Peter Batubara yang terpaksa dicopot karena terjerat kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Baca juga :