HOAKS, Video Erupsi Gunung Semeru yang Viral di Medsos, Ini Faktanya

Gunung Semeru yang ada di Lumajang Jawa Timur memang mengalami letusan dan meluncurkan awan panas.

Namun, sebuah video yang memperlihatkan erupsi sebuah gunung di dekat laut dengan muntahan lava pijar dari puncak yang ramai di media sosial adalah berita bohong.

Dalam unggahan video yang beredar itu, disebutkan muntahan lava pijar itu terjadi di Gunung Semeru, Jawa Timur, Selasa (1/12/2020).

Namun, dipastikan bahwa video tersebut hoaks.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah video hoaks tersebut ialah Soemantri Itz Rio Hassan, Selasa (1/12/2020). Akun tersebut menuliskan, “SEMERU BERSERU”.

Selain itu, akun Jakarta Keras juga mengunggah video serupa. “Pray for Semeru,” tulis akun tersebut.

Di Twitter, video serupa juga diunggah akun @niatakusumah. “Semeru tadi pagi, semoga tdk menimbulkan korban jiwa,” tulisnya.

Sementara mengutip Kompas.com yang sudah melakukan konformasi kepada Kasi Kedaruratan BPBD Jawa Timur, Satriyo Nurseno, menjelaskan bahwa video erupsi yang beredar dalam postingan tersebut adalah hoaks.

“ Hoaks itu. Semeru enggak ada lautnya, itu laut kan? Banyak kapal,” ungkapnya, seperti dikutip dar Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Video Viral, detik-detik Bikers dan Mobil Tabrakan di Tikungan, Ini Videonya

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Nia Haerani. Menurutnya, pada 1 Desember 2020 pukul 01.23 WIB, memang teramati luncuran awan panas di Gunung Semeru dengan jarak luncur 2.000 m ke arah Besuk Kobokan.

Namun, video yang memperlihatkan lontaran lava pijar dari puncak gunung tersebut bukanlah video erupsi Gunung Semeru. “Itu bukan letusan Semeru, tapi letusan Gunung Sakurajima di Jepang tanggal 12 November 2019,” terangnya

Berikut foto penampakan lontaran lava pijar di gunung semeru pada bulan Maret lalu dan 1 Desember 2020.

Kejadian Awan Panas Guguran di Semeru (1/12/2020)(dok. PVMBG Nia)

Ini Foto letusan Gunug Semeru sebelumnya pada 4 Maret 2020 Guguran lava pijar Gunung Semeru yang terlihat dari Desa Pranajiwo, Lumajang, Jawa Timur.

[ANTARA FOTO/Umarul Faruq]
Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com
https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/01/170400965/hoaks-video-erupsi-gunung-semeru

Baca juga :