Video Viral, Keluarga Ambil Paksa Jenazah Pasien Korona dari Kamar Mayat

Pengambilan paksa jenasah yang diduga terkonfirmasi positif Covid-19 oleh keluarga terjadi di Rumah Sakit Awal Bros, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar pada Rabu malam (14/10/2020).

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, video itu viral setelah diunggah di media sosial. Hal itu karena keluarga menolak cara pemakaman sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19, dan mengambil jenazah itu dari ruang jenazah rumah sakit.

Keluarga pasien itu sudah menaikkan jenazah dengan kerandanya di mobil pikap, dan meninggalkan halaman rumah sakit. Namun polisi yang datang langsung menghalanginya di Jalan Urip Sumoharjo.

Rombongan keluarga pasien itu nekat mendorong polisi yang menghalangi. Kengototan keluarga terpaksa membuat polisi mengeluarkan tembakan peringatan berkali-kali.

Hal ini kemudian membuat keluarga pasien kembali memasukkan jenazah ke rumah sakit untuk dimakamkan sesuai dengan protokol pemakaman pasien Covid-19.

Iptu Iqbal, Kanit Reskrim Polsek Panakkukang mengatakan, awalnya jenazah yang berinisial DB dengan usia sekitar 60 tahun itu meninggal pada Rabu sekitar pukul 19.00 WITA, setelah dirawat sejak Selasa 13 Oktober 2020. Pasien dirawat karena memiliki gejala terpapar virus corona. Pihak rumah sakit melakukan uji swab kepada almarhum sebelum meninggal dunia.

Insiden pengambilan jenazah itu berawal saat keluarga akan memakamkan pasien di pemakaman keluarga, karena hasil laboratorium uji swab-nya belum keluar.

“Pasien hendak diambil paksa oleh pihak keluarga, tetapi kami berhasil mengamankan sehingga jenazah berhasil dibawa kembali ke kamar jenazah RS Awal Bros ini,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Menurutnya, pihak keluarga akhirnya menerima pasien itu dimakamkan sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19, setelah kepolisian bersama pihak rumah sakit memberikan pengertian.

Pihaknya juga masih koordinasi dengan pihak rumah sakit, dan berkoordinasi dengan tim dari gugus tugas Covid-19 menunggu hasil laboratorium untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

“Kami sementara menunggu kesimpulan pihak rumah sakit bahwa korban ini memang ada riwayat penyakit sebelumnya dan memang menurut pihak rumah sakit juga untuk usia jenazah ini memang rentan terkena Covid-19,” terangnya. (tim/say)

 

Redaksi : Suara Merah Putih

Sumber : kompas.com
https://regional.kompas.com/read/2020/10/15/09392771/video-viral-keluarga-ambil-paksa-jenazah-diduga-covid-19-di-makassar-polisi?page=2

Baca juga :