Ini Cara Cek Bantuan Internet Kemendikbud dan Rincian Kuota Pemakaiannya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mulau menyalurkan bantuan kuota internet untuk pelajar, mahasiswa, guru dan dosen. Penyaluran kuota belajar ini dimulai Selasa (22/9/2020) hingga hingga Desember 2020.

Pelajar, guru dan dosen bisa mengecek kuotanya sesuau dengan mekenisme masing-masing operator. Tapi kalau belum terdaftar bisa menanyakan ke admin sekolah.

Bantuan kuota internet ini antara 20GB hingga 50 GB untuk PAUD, SD, SMP, SMA, Guru, Mahasiswa dan Dosen. Berikut cara cek kuota internet belajar dari Kemendikbud untuk pelanggan Telkomsel, XL, Axis dan Tri :

Telkomsel

Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan, bantuan kuota internet Kemendikbud dikhususkan bagi pelajar atau mahasiswa dan pengajar dari sekolah atau universitas yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Apabila sudah terdaftar maka pelanggan akan menerima SMS pemberitahuan (pengirim Telkomsel). Besaran kuota data internet dapat diakses melalui menu *888# di nomor panggilan dan aplikasi MY Telkomsel.

Tri

Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia mengatakan, bagi pelanggan dengan nomor 3 (Tri) penerima bantuan kuota intermet Kemendikbud juga akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Penerima bisa mengecek sisa kuota internet secara detil melalui *123*10*3# atau melalui aplikasi Bima+.

XL dan Axis

Sama dengan operasltor lain, menurut Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata, semua penerima bantuan kuota ini akan menerima sms notifikasi setelah paket bantuan kuota masuk ke nomor.

Saat ini bantuan kuota masih berproses pencairannya ke nomor yang tercatat di Pusdatin. Dan cara mengecek saldo kuota bantuan untuk pelanggan XL prepaid dapat melakukan pengecekannya melalui aplikasi myXL. Pelanggan prioritas bisa melalui aplikasi AxisNet. Nantinya, pada pilihan paket detail, silahkan cek paket Terus Belajar.

Adapun untuk pengecekan melalui UMB bisa dilakukan dengan menekan *123# kemudian pilih info, pilih Info Kartu-XL-ku, pilih info cek kuota dan pilih paket Terus Belajar.

Lanjutan :……Berikut besaran kuota bantuan internet dan rincian penggunaan paketnya di setiap jenjang……..

Baca juga :