Malam Ini, Bulan Purnama Spesial Karena Hanya Terjadi 3 Tahun Sekali, Ini Penjelasannya

Malam bulan purnama memang malam yang indah, bahkan ada yang men-spesialkan. Dan, malam ini akan terjadi Fenomena Bulan purnama yang beda dan spesial. Karena terjadi sekali dalam tiga tahun.

Pemandangan indah ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, dan tidak memiliki dampak tertentu apapun.

Informasi yang dihimpun auaramerahputih.com, pada umumnya bulan purnama terjadi di sekitar tanggal pertengahan bulan. Namun, untuk bulan September ini, Bulan purnama justru terjadi di awal bulan.

Dilansir dari Live Science, Selasa (1/9/2020), fenomena Bulan purnama di awal bulan ini hanya terjadi setiap tiga tahun sekali dan tepat di bulan September tahun 2020.

Marufin Sudibyo, astronom amatir mengatakan, fenomena bulan purnama di awal bulan setiap tiga tahun sekali ini disebabkan oleh adanya perbedaan durasi kalender Gregorian dengan kalender Bulan.

Pada September 2021 maupun 2022 mendatang, Bulan purnama akan terjadi di pertengahan bulan. “Sebaliknya ia ( bulan purnama di awal bulan) akan kembali terjadi pada awal September 2023,” katanya, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Untuk diketahui, kalender Gregorian atau biasa juga disebut dengan kalender Gregorius merupakan kalender yang paling banyak dipakai di dunia barat. Kalender ini berbasis pada periode tropis Matahari.

Ini Bedanya Dengan Kalender Bulan…

Baca juga :