Warga Takut Pinjamkan Cangkul, Petugas Kubur Jenazah Covid-19 di Jember Pakai Tangan

Petugas Covid-19 Jember saat menguburkan jenazah covid-19 menggunakan tangan di Kecamatan Ambulu

Media sosial tengah diramaikan oleh sebuah video yang memperlihatkan sepuluh petugas memakai alat pelindung diri (APD) lengkap menguburkan jenazah pasien Covid-19 menggunakan tangan.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Karangtemplek, Desa Andongsari, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, pada Minggu (9/8/2020).

Camat Ambulu Sutarman membenarkan peristiwa yang terekam dalam video tersebut. Sutarman juga mengatakan, beberapa warga telah menggali lubang makam untuk jenazah pasien Covid-19 tersebut. Adapun pemakaman jenazah menjadi tanggung jawab petugas dari gugus tugas Covid-19 dibantu puskesmas.

“Sebelum pemakaman, pihak Muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) dan desa sudah mengkondisikan sebaik-baiknya persiapan pemakaman,” kata Sutarman saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Para petugas dari dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jember itu terpaksa memakamkan jenazah menggunakan tangan dan bambu karena petugas tak membawa peralatan lengkap.“Petugas tidak membawa alat cangkul waktu itu,” ujar dia.

Warga yang berada di lokasi tak berani meminjamkan cangkul kepada petugas karena takut tertular virus corona baru atau Covid-19. Sehingga, petugas terpaksa menggunakan tangan. (jen/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Tribunnews.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :