Wow, Prabowo Bakal Borong 15 Jet Tempur Eurofighter Typhoon, Harganya Bikin Kaget

Pesawat tempur Eurofighter Typhoon milik AU Austria.

Jenis jet tempur Eurofighter Typhoon merupakan salah satu armada perang paling mahal yang dibuat Eropa. Pesawat itulah yang akan diborong oleh Menteri Pertahanan ( Menhan) Prabowo Subianto.

Mengutip Kompas.com pada Selasa (21/7/2020), Prabowo menyatakan minatnya untuk memborong pesawat Eurofighter Typhoon. Jenis jet tempur tersebut.

Bahkan, Prabowo berkirim surat kepada Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner terkait tawaran untuk membeli 15 pesawat tempur Eurofighter Typhoon bekas pakai milik Austria.

Kabar mengenai surat penawaran tersebut diungkap media Austria, Kronen Zeitung. Dalam artikelnya, kepemilikan pesawat Eurofighter Typhoon sebenarnya jadi perdebatan publik di Austria, karena ada indikasi korupsi dalam pembelian pesawat tersebut oleh Austria beberapa tahun silam.

Pesawat tersebut juga dianggap sebagai pemborosan anggaran negara karena biaya operasionalnya yang mahal, yakni mencapai 80.000 euro atau Rp 1,3 miliar per jam.

Dalam surat berkop Kementerian Pertahanan RI tertanggal 10 Juli 2020 dan ditandatangani Menhan Prabowo Subianto, disebutkan bahwa Indonesia ingin memenuhi kebutuhan organisasi angkatan bersenjatanya.

Prabowo mengatakan mendapat informasi Austria memiliki pesawat tempur Typhoon yang dibeli tahun 2002. Saat ini Austria memiliki 15 pesawat itu.

“Saya ingin menawarkan membeli 15 pesawat tersebut untuk TNI AU dan semoga proposal saya ini menjadi pertimbangan resmi,” tulis Prabowo di surat tersebut, seperti dikutip dari Kompas.com

Lalu berapa harga Eurofighter Typhoon?

Ini Daftar Harganya yang mencapai Triliunan Rupiah per unit…

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :