Apa Istimewanya, Uang koin kelapa sawit pecahan Rp 1.000 dijual hingga Rp 100 Juta, Ini Kata Kolektor

Jagat dunia maya dalam beberapa hari ini dihebohkan dengan unggahan tangkapan layar yang menunjukkan foto uang logam koin pecahan Rp 1.000 bergambar kelapa sawit yang dijual dengan harga fantastis.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, di salah satu marketplace, pada Kamis (18/6/2020) siang, ada yang menjualnya dari harga belasan juta, puluhan juta, bahkan ada yang membanderolnya hingga Rp 100 juta.

Diantraanya akun yang mengunggah tangkapan layar ini adalah @nenk_update dalam foto tangkapan layar itu terlihat harga Rp 17 juta hingga Rp 20 juta untuk satu koin kelapa sawit keluaran tahun 1993.

Lalu, apa sih istimewanya uang koin kelapa sawit ini ? Dan berapa sebenarnya harga pasaran uang lama ?

Nazym Otie Kusardi, Kolektor uang lama atau numismatik kolektor mengatakan, harga yang dibanderol itu tak wajar dan si penjual “asal-asalan”.

Menurut Nazym, uang koin kelapa sawit rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 3.000 sampai Rp 10.000 per keping. “Itu orang jual ngawur saja. Masih banyak yang jual dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 10.000 per keping,” ungkapnya seprti dikutip dari Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Nazym juga mengatakan, uang lama itu harganya akan menjadi malah jika uang itu memiliki kekhususan lain seperti uang cetakan khusus atau proof. Kata Nazym, uang logam proof Rp 1.000 bisa dijual hingga Rp 4 juta, tergantung dari kondisi uang tersebut.

Uang proof dapat diketahui dari bentuk fisiknya yang lebih terang. “Permukaan lebih terang dan bagus seperti bercermin. Yang dilihat orang awam seperti bercermin tidak sama dengan yang dilihat kolektor,” tambahnya.

Dua Hal Penentu Harga Uang Lama bisa Mahal, ini Jenis Uang Lama yang Harganya Ratusan Juta….

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :