Awas, Sering Pakai Masker Bisa Jadi Jerawatan Lho ?, Ternyata ini Sebabnya

Masa New Normal, semua orang wajib menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona SARS-CoV-2. Namun, sering memakai masker bisa menyebabkan jerawat dan berbagai iritasi kulit wajah.

Kenapa wajah jadi jerawatan saat menggunakan masker?

Melansir Verywell Health, penyebab utama iritasi kulit wajah ini adalah dikarenakan minimnya sirkulasi udara ke area wajah. Ketika menggunakan masker, sirkulasi napas dan keringat yang menumpuk di sekitar masker dapat memicu lembab.

Nah, Kondisi lembap inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat.

Selain lembab, tekstur masker dan penutup wajah juga rentan mengiritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Sementara untuk mengatasinya, Ahli dermatologi menyarankan untuk berhati-hati menggunaan obat jerawat standar seperti benzoil peroksida dan perawatan retinoid.

Karena, perawatan tersebut membutuhkan waktu agak lama untuk menghilangkan jerawat. Dan menggunakan obat jerawat saat mengenakan masker penutup hidung dan mulut justru rentan menimbulkan iritasi yang lebih parah.

Solusi sederhana yang disarankan para ahli dermatologi adalah, pemilik kulit berjerawat disarankan membersihkan wajah dengan sabun yang lembut dua kali sehari.

Solusi lainnya, untuk mencegah tertular virus corona sekaligus mencegah jerawat adalah sebisa mungkin tinggal di rumah saja.

Selain itu, cuci wajah setelah menggunakan masker dan sebelum tidur. Pantang tidur dalam kondisi wajah yang belum dibersihkan.

Hindari juga paparan sinar matahari berlebihan. Saat berada di luar rumah, selain melindungi diri dengan masker, pemilik wajah juga perlu mengenakan tabir surya.

Tabir surya dapat mencegah perubahan pigmen pemicu bekas jerawat setelah kulit wajah meradang.

Hal tak kalah penting, hindari asupan tinggi gula dan mengandung indeks glikemik tinggi. Karena sejumlah penelitian menyebut asupan tinggi gula dapat memicu timbulnya jerawat.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :