Vaksin Covid-19 di-Uji Coba ke Manusia, Hasilnya Cukup Menggembirakan

Para ilmuan dan tim ahli kesehatan dari berbagai negara berupaya untuk bisa segera membuat vaksin untuk melawan Covid-19. Karena, jumlah orang yang terinfeksi virus corona di seluruh dunia sudah mencapai lima juta jiwa.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, saat ini uji coba vaksin pertama terhadap manusia dikabarkan telah mendapatkan hasil yang aman dan diperkirakan cukup efektif melawan virus Covid-19.

Mengutip kompas.com, para ilmuwan di China mengatakan, 108 orang dewasa yang sehat diberi dosis Covid-19 vektor adenovirus tipe 5 (Ad5-nCoV) selama masa percobaan ini.

Obat ini menggunakan jenis flu biasa (adenovirus) yang melemah untuk mengirimkan materi genetik yang “mengkode” dirinya menemukan protein dalam SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

Nah, Sel-sel kode ini langsung menuju ke kelenjar getah bening agar sistem kekebalan menciptakan antibodi yang dapat mengenali virus dan menyerangnya.

Profesor Wei Chen dari Institut Bioteknologi Beijing menyatakan, hasil ini merupakan tonggak penting, dan dari percobaan menunjukkan bahwa dosis tunggal dari vektor adenovirus tipe 5 baru Covid-19 (Ad5-nCoV) ini menghasilkan vaksin khusus virus dan sel T dalam 14 hari.

Meskipun Ad5 ditemukan untuk membuat respons imun yang cepat dalam tubuh, para ilmuwan memperingatkan bahwa masih belum ada jaminan obat ini akan secara efektif melawan virus corona.

“Hasil ini harus ditafsirkan dengan hati-hati. Kemampuan untuk memicu respons kekebalan ini tidak selalu menunjukkan bahwa vaksin akan melindungi manusia dari Covid-19.” Ungkapnya.

Ini Reaksi Sukarelawan Setelah Disuntik Vaksin….

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :