Roy Suryo Jawab soal Teka-Teki Video Syur Mirip Gisel, Sorot Tahil Lalat dan Interior Kamar

Foto : Tangkap layar dan IG : @Gisel_la

Dunia maya yang dihebohkan video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel memang mengundang berbagai pihak angkat bicara. Termasuk kominfo dan pakar telematika Roy Suryo.

Dalam video adegan asusila berdurasi 19 detik tersebut, banyak kemiripan-kemiripan dengan sosok yang asli, alias Gisel. Bahkan, netizen juga memberi beberapa gambar yang asli dan yang mirip.

Diantaranya, gaun yang dipakai wanita dalam video Syur tersebut mirip dengan gaun yang dipakai Gisel dan diunggah di IG-nya.

Oleh karena itu, Roy Suryo, Pakar Telematika meminta semua pihak tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menyikapi video mirip Gisel tersebut.

“Semenjak semalam saya sudah ikuti Trending topik di SocMed & sudah juga mengamati apa-apa yang diperbincangkan tersebut melalui YouTube,” kata Roy Suryo, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (7/11/2020).

Roy Suryo juga memberikan sejumlah catatan, seputar video berdurasi 19 detik mirip Gisel tersebut. Karena sosok-sosok dalam video saat ini banyak sekali terdapat kemiripan.

Roy Suryo juga mengatakan, dalam mengidentifikasi sebuah video atau gambar, banyak ciri-ciri tubuh yang semestinya bisa digunakan. Seperti, adakah tahi lalat pada bagian tertentu atau bisa juga tato.

Selain itu, juga bisa melihat interior kamar, misalnya gordyn dan televisi yang ada di ruangan itu. “Beberapa barang yang berada di sekitarnya bisa jadi petunjuk,” ujarnya.

Kata Roy Suryo, ciri-ciri tersebut sangat bisa memudahkan untuk membantu identifikasi. Kalau mengenai postur tubuh, dalam video itu sering muncul di video-video Korea atau Tiongkok.

Namun kata Roy Suryo, yang menarik dari trending topik ini adalah bisa munculkan persatuan. “Saya amati, topik ini bisa memunculkan “persatuan” di dunia maya,” tandasnya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :