Ning Ita Resmikan PLUT Maja Citra Kinarya, Kemenkop UKM RI Apresiasi UMKM Kota Mojokerto

Mojokerto – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari meresmikan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Maja Citra Kinarya telah diresmikan oleh pada Sabtu, (9/12/2023). Peresmian dilakukan bersama bersama Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI, Yulius dan Kepala Dinas Kopukm Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah.

Keberadaan PLUT KUKM di Kota Mojokerto ini diharapkan bakal menguatkan sektor ekonomi melalui UMKM dan IKM sehingga bisa mengurangi angka pengangguran terbuka.

Ning Ita sapaan akrab wali kota Mojokerto menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI. “Saya atas nama Pemkot Mojokerto tentu sangat bersyukur, bahwa di penghujung 2023 kita bisa bersama-sama meresmikan PLUT Kota Mojokerto yang kami beri nama Maja Citra Kinarya,” kata Ning Ita

Ning Ita juga mengatakan bahwa UMKM dan IKM Kota Mojokerto mendominasi dalam menyumbang PDRB Kota Mojokerto sehingga perlu difasilitasi oleh pemerintah.

“Kami sadar betul bahwa potensi dari UMKM dan IKM Kota Mojokerto yang begitu mendominasi dalam menyumbang PDRB. Ini butuh kehadiran pemerintah untuk terus memberikan fasilitasi, dukungan dalam rangka menguatkan peran mereka semua. Kehadiran UMKM dan IKM di Kota Mojokerto inilah yang menguatkan dari sektor ekonomi, dari sektor pengurangan pengangguran terbuka dan kita juga lebih cepat bangkit dari dampak pandemi covid karena kehadiran UMKM dan IKM,” terang Ning Ita.

Sementara Yulius, Deputi Usaha Mikro Kemenkopukm RI menuturkan bahwa PLUT Maja Citra Kinarya telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang diinginkan dalam PLUT, misalnya inkubasi, pemasaran produk dan kerja sama dengan perusahaan. Dan ia menekankan dalam PLUT yang terpenting bukanlah peresmiannya namun kelanjutan dari manfaat PLUT tersebut.

“Ketika saya datang kesini, fasilitas-fasilitas yang diinginkan dalam PLUT sudah ada, biasanya peresmian itu bagus, tapi kelanjutannya yang paling penting,” tegas Yulius.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kopukm Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah, menurutnya, dengan adanya PLUT di Kota Mojokerto akan mempercepat dan menguatkan UMKM di Jawa Timur dan PLUT Maja Citra Kinarya merupakan PLUT keenam di Jawa Timur setelah Malang, Pacitan, Tulungagung, Jember, Trenggalek.

“Dengan adanya PLUT ini, maka kita tahu bahwa yang melakukan pendampingan adalah mereka yang mempunyai kompetensi sesuai bidangnya. Jadi inilah yang akan menguatkan UMKM kita bisa berkompetisi,” pungkasnya.(tim/ADV)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :