Peduli Palestina, Baznas Jombang Salurkan Donasi Rp 500 Juta

Baznas Kabupaten Jombang menerima donasi dari masyarakat untuk membantu Palestina. Bantuan sebesar Rp 500 juta, atau tepatnya Rp 518.496.800, diberikan.

Wakil Ketua Baznas RI, Kol (Purn) Caj Nur Chamdani, bertanggung jawab atas penyerahan donasi tersebut. Sudah jelas bahwa komitmen Baznas Jombang untuk membantu perjuangan warga Palestina mendapat tanggapan yang baik.

Penggalangan donasi ini dimulai pada Aksi Solidaritas Palestina pada 27 Oktober 2023 di titik nol Jombang atau Bundaran Ringin Contong. Sejak itu, gerakan ini terus berkembang, dan masyarakat Jombang bahkan diajak untuk melakukan penggalangan donasi serupa.

Alhasil, sebulan setelah dilakukan open donasi, pada Jumat 24 November 2023 kami menyerahkan bantuan tersebut. Tempatnya di Kantor Baznas RI di Jakarta. Itu merupakan donasi masyarakat Jombang untuk Palestina,” kata Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian & Pendayagunaan Baznas Jombang Siroju Rosyidin, Sabtu (25/11/2023).

Baznas Jombang sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jombang yang mempunyai kepedulian, empati, dan semangat persaudaraan dengan Palestina. Dana yang terkumpul ini diharapkan mampu sedikit membasuh luka warga negeri para rasul dan nabi tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih, penghargaan dan apresiasi setinggi tingginya kepada warga Jombang yang mempercayakan donasinya kepada Baznas Jombang. Pada Jumat kemarin bantuan untuk Palestina secara resmi kami serahkan kepada Baznas RI,” imbuhhnya.

Sementara Kol (Purn) Caj Nur Chamdani mengaku bangga dan salut atas kinerja Baznas Jombang, yang mampu menghimpun dana sangat besar. “Sampai hari ini dana yg terkumpul di Baznas RI sebesar Rp 84.5 miliar dan ini bantuan masih terus mengalir,” imbuh Nur Chamdani.

Baznas RI mengirimkan bantuan secara bertahap. Pengiriman pertama dengan pesawat Hercules pada Sabtu (4/11/2023) di Rafa Mesir, dengan jumlah donasi Rp 3 miliar dan barang 21 Ton. Tahap kedua pada Selasa (14/11/2023) dengan kapal TNI AL barang seberat 50 ton.

Kemudian tahap ketiga Senin (20/11/2023) dengan pesawat cargo membawa barang 21 ton senilai Rp. 31.9 miliar gabungan dari dana pemerintah dan Baznas. “Adapun jumlah relawan yang ada di Rafa sebanyak 100 orang. Mereka adalah mahasiswa yangg kuliah di Mesir,” tambah Nur Chamdani.

Ketua Baznas Jombang Didin A Sholahudin meyakini antusias warga Jombang untuk donasi Palestina masih sangat tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya masih membuka kesempatan bagi komunitas, paguyuban, warga masyarakat yang berkeinginan memberikan bantuan untuk Palestina.

Gus Didin, sapaan akrabnya, meyakini kiprah Baznas Jombang yang terus hadir dalam setiap bencana alam dan kemanusiaan menjadi motivasi bagi warga untuk memilih lembaga tersebut dalam menyalurkan donasi.

“Donasi Palestina menjadi bukti bahwa warga Jombang sangatlah dermawan. Nah, ini merupakan kepercayaan mulia yang akan kami jaga dengan amanah dan penuh tanggung jawab,” pungkas Gus Didin. (bjt/ram)

Selalu Kalah di Higgs Domino, Ini Cara Memperbaiki Akun Agar Selalu Hoki

Baca juga :