Tengah Viral Lagu Halo-halo Bandung Karya Ismail Marzuki Dijiplak Menjadi Helo Kuala Lumpur

Sebuah video klip lagu berjudul Helo Kuala Lumpur yang diunggah di kanal YouTube Lagu Kanak TV dengan judul “Lagu Kanak-Kanak Melayu Malaysia” pada 30 Juni 2018 menghebohkan media sosial baru-baru ini.

Sontak, hal ini menarik perhatian para netizen Indonesia dan bahkan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Diduga menjiplak lagu Halo-halo Bandung, karena nadanya persis sama hanya liriknya yang diubah. Lirik lagu Helo Kuala Lumpur dapat ditemukan di sini.

Hello Kuala Lumpur 
Ibu Kota Keriangan
Hello Kuala Lumpur
Kota Kenang Kenangan

Sudah Lama Aku
Tidak Berjumpa Denganmu
Sekarang Sudah Semakin Maju
Aku Suka Sekali

Dilihat dari lirik, kata-katanya hanya diubah sedikit, bahkan hampir sama. Contohnya, judul lagu Hello Kuala Lumpur adalah “Hello Kuala Lumpur, Ibu Kota Keriangan”. Sementara judul lagu Halo-Halo Bandung adalah “Halo-Halo Bandung, Ibu Kota Periangan”. Selain itu, nada irama dan melodi sangat mirip.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melayangkan protes terhadap kanal YouTube berisi lagu Malaysia yang diduga menjiplak karya Ismail Marzuki itu. Kemendikbud disebut siap melakukan gugatan terkait kesamaan lagu milik Indonesia itu.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam rapat kerja bersama Komisi X, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 September 2023 , menyampaikan lagu berjudul Helo Kuala Lumpur telah diunggah sejak 30 Juni 2018, di Channel YouTube Lagu Kanak TV dan kebanyakan isinya memang lagu-lagu Melayu dan Malaysia. (tmp/ram)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :