3 Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Kopi selalu memiliki banyak penggemar, dari muda hingga tua. Seiring waktu, biji kopi olahan menjadi lebih serbaguna dan minum kopi menjadi lebih mapan.
Sebagian orang rutin minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Bila diminum tidak berlebihan kopi hitam memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan mood dan konsentrasi.

Sebenarnya minum kopi bisa memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Misalnya, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, asam urat dan beberapa jenis kanker. Tetapi jika Anda minum kopi terlalu banyak, itu akan berdampak buruk bagi tubuh.

Berikut ini dampak buruk dan bahaya minum kopi berlebihan :

1.Meningkatkan Asam Lambung
Bahaya minum kopi berlebihan yang pertama adalah asam lambung. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan jumlah asam lambung, yang menyebabkan iritasi saluran cerna, yang menyebabkan sakit perut dan diare yang meningkatkan risiko GERD (gastroesophageal reflux disease), yang berarti peningkatan asam lambung di kerongkongan, menyebabkan panas dan terbakar di dada dan tenggorokan.

2.Jantung berdebar lebih cepat
Setelah minum secangkir kopi ekstra, kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan jantung berdebar yang tidak diinginkan pada beberapa orang.Hal ini Kafein dalam kopi dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat (hipertensi) dan jantung berdetak lebih cepat. Ini memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, yang lama kelamaan melemahkan jantung.

3.Insomnia
Kopi sering digunakan untuk menghilangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi. Kafein dalam kopi dapat merangsang saraf dan otak, membuat seseorang tidak bisa tidur, menyebabkan gangguan tidur malam (insomnia), terasa segar berlebihan, yang lama kelamaan dapat mempersingkat waktu tidur dan mencegah tubuh tertidur dengan baik. Ini dapat menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia.

Sumber : https://umsu.ac.id

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :