Berikut Daftar Kendaraan yang Bisa Beli Biosolar

Salah satu kategori BBM yang disubsidi pemerintah adalah Biosolar. Untuk itu, penggunaan Biosolar harus tepat sasaran, lantaran kuotanya terbatas. Jika tidak tepat sasaran, dikhawatirkan kuota yang telah disiapkan bakal membludak.

Dilansir, konsumen yang berhak mendapatkan solar bersubsidi diatur sesuai Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan harga jual eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Jenis kendaraannya pun sudah diatur.

Untuk transportasi darat, Biosolar digunakan untuk kendaraan pribadi, kendaraan umum pelat kuning, kendaraan angkutan barang (kecuali untuk pengangkut hasil pertambangan dan perkebunan dengan roda lebih dari 6, serta mobil layanan umum seperti ambulans. Seperti mobil jenazah, mobil pengangkut sampah, dan pemadam kebakaran.

Biosolar juga bisa digunakan untuk kendaraan transportasi air dengan motor tempel, ASDP, transportasi laut berbendera Indonesia, Kapal Pelayaran Rakyat/Perintis. Tentunya dengan verifikasi dan rekomendasi Kepala SKPD/kuota oleh Badan Pengatur.

Kemudian, biosolar juga bisa dimanfaatkan untuk usaha perikanan oleh nelayan dengan kapal ≤ 30 GT yang terdaftar di kementerian kelautan dan perikanan. Serta pembudi daya ikan skala kecil dengan verifikasi dan rekomendasi SKPD.

Petani, kelompok tani, dan usaha tani juga bisa memanfaatkan biosolar. Khususnya untuk jasa alat mesin pertanian dengan luas tanah kurang dari 2 hektar.

Beda dengan Biosolar, pengguna Pertalite masih digodok terkait revisi Perpres Nomor 191 tahun 2014. Badan Penyalur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tengah melakukan pematangan untuk kriteria konsumen yang boleh menggunakan Pertalite.

Bagi konsumen Pertalite dan Biosolar, maka bisa mendaftarkan diri mulai 1 Juli 2022 ke situs MyPertamina. Begini cara mendaftarkannya.

Buka situs subsiditepat.mypertamina.id
Centang informasi memahami persyaratan
Klik daftar sekarang
Ikuti instruksi dalam laman tersebut
Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala

Apabila sudah terkonfirmasi, kamu tinggal mengunduh (download) QR Code dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina(tim/Sam)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :