Lokasi Pasti KKN Desa Penari Diungkap Kades Bayu Banyuwangi

Soal lokasi KKN Desa Penari semakin mengarah ke kawasan Rowo Bayu Banyuwangi. Terlebih setelah kades setempat membenarkannya.
Rowo Bayu berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Kades Bayu, Sugito menyebutkan, KKN tersebut digelar pada 2009.

“Kalau KKN itu memang ada tahun 2009. Itu ada orang Surabaya di Desa Bayu. Kalau keterangan dari Kaur Kesra saya, itu ada orang dua itu yang sakit gitu lah. Kesurupan. Sampai 3 hari dicarikan orang tua, akhirnya gak sembuh-sembuh, akhirnya dibawa pulang,” kata Sugito, Minggu (22/4/2022).

Bahkan lebih spesifik lagi, Sugito menyebutkan nama dusun tempat KKN Ayu dan kawan-kawan. Lokasi dusun tersebut, dari balai desa terus naik ke arah Rowo Bayu.

“Kalau lokasi KKN itu ada di Desa Bayu, Dusun Pelantaran,” imbuhnya.

Tak hanya sampai di situ, Sugito juga menyebutkan, dua peserta KKN yang meninggal telah melakukan hal-hal yang tidak senonoh, di desa tersebut. Tepatnya di Dusun Darungan atau yang sempat disebut kampung ‘hilang’.

“Terus ada dua pemuda dan pemudi itu masuk hutan, ya informasi yang kita tangkap, mereka itu ya sampai ke yang namanya Dusun Darungan. (Di sana melakukan hal yang negatif?) Iya seperti itu,” papar Sugito.

Lalu, Sugito menjelaskan sekilas soal Dusun Darungan. Dari Rowo Bayu, jaraknya sekitar 2 km.

“Kan di Darungan itu ada kongsi. Kongsi itu kan bahasa Belanda, kalau sekarang perumahan. Dari perkebunan Bayu Lor. Lah, mulai tahun 2000 itu, karena pekerjaannya itu mengurang, kemudian dijadikan satu di kongsi Telepak. Sehingga mulai tahun 2000, perumahan Darungan itu dikosongkan,” tambahnya.

Apa yang disampaikan Sugito menegaskan pernyataan Sudirman, yang disebut-sebut sebagai pengelola Wisata Rowo Bayu, saat diwawancara Menteri BUMN Erick Thohir.

Kepada Erick, Sudirman menceritakan bahwa tragedi ‘KKN Desa Penari’ terjadi di sekitar Rowo Bayu. Dalam wawancara itu, ia juga menunjukkan sejumlah foto soal titik-titik yang ada di kegiatan KKN itu.

“Itu cerita yang sesungguhnya dari versi Kepala Desa Bayu. KKN-nya tahun berapa, tanggal berapa, semuanya tercatat,” kata Sudirman dalam video yang dilihat detikJatim, Rabu (18/5/2022).

Heboh soal KKN Desa Penari mulai terjadi pada 2019. Itu setelah akun Twitter @SimpleM81378523 bercerita, ada enam mahasiswa-mahasiswi yang menggelar KKN di Kota B, Jawa Timur pada 2009 akhir. Mereka merupakan mahasiswa-mahasiswi angkatan 2005/2006 dari sebuah perguruan tinggi di Kota S.

Enam calon sarjana yang menggelar KKN tersebut yakni Ayu, Nur, Widya, Wahyu, Anton dan Bima. Dua di antaranya meninggal setelah melewati seabrek hal mistis di tempat KKN tersebut.

Setelah kisah mistis itu viral, banyak orang yang berspekulasi dan melakukan penelusuran mengenai tempat KKN Desa Penari. Kisah itu kemudian dibukukan dan difilmkan. Saat ini filmnya masih tayang dan masih menyedot banyak penonton.(tim/sam)

Baca juga :