Terkuat di Asia Tenggara! Ini 5 Negara di Dunia yang Militernya Dilatih Langsung oleh Tentara Indonesia

ADA 5 negara di dunia yang militernya dilatih langsung oleh tentara Indonesia. Kemampuan militer Indonesia memang diakui di luar negeri. Berdasarkan penilaian Global Fire Power (GFP), Indonesia berada di rangking pertama militer terkuat di Asia Tenggara dengan skor Power Index (PwrIndx) 0,2251. Sementara di dunia, militer Indonesia menduduki peringkat 15 terkuat.

Indonesia juga punya banyak satuan pasukan elit dan khusus ditiap mantra TNI. Di TNI Angkatan Darat ada Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Kemudian ada Komando Pasukan Katak (Kopaska), Intai Amfibi (Taifib), serta Datasemen Jala Mangkara di TNI Angkatan Laut. Selanjutkan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) di TNI Angkatan Udara.

BACA JUGA: 10 Negara Tujuan Utama Ekspor Pakaian Jadi Indonesia, Amerika hingga China

Kopassus yang kiprahnya sudah diakui di dunia kini ternyata juga sering diminta melatih militer di negara lain khususnya di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini lima negara yang anggota militernya dilatih oleh Indonesia.

1. Myanmar

Myanmar jadi salah satu negara yang meminta Indonesia untuk melatih pasukan militernya. Pada ajang Asean Armies Rifle Meet (AARM) pada 2014, pemerintah Myanmar langsung meminta militer Indonesia untuk memberikan pelatihan terhadap pasukannya.

Myanmar kagum terhadap Kopassus, karena mampu meraih 29 medali dari 45 medali emas. Sehingga Indonesia sangat dikagumi dan dipercaya, yakni dalam urusan pertahanan negara.

2. Timor Leste

Secara terang-terangan, Wakil Panglima militer Timor Leste, Filomeno Da Paixa De Jesus meminta TNI untuk melatih pasukan militer Timor Leste sejak 2012 lalu.

Timor Leste meminta Kopassus untuk melatih pasukan tembaknya. Kemudian akhirnya antara Indonesia dan Timor Leste, menjalin kerja sama untuk saling menguntungkan yakni saling menguntungkan dengan menjual senjata buatan PT Pindad dan atribut militer bikinan Sritex yang bercokol di Solo, Jawa Tengah.

3. Negara di Afrika Utara

Selanjutnya adalah Afrika Utara, yang juga meminta Indonesia untuk melatih pasukan militernya. Harumnya nama Kopassus TNI AD, serta dengan segala prestasinya, sehingga pasukan kebanggan Indonesia tersebut bersedia memberikan pelatihan kepada Afrika Utara.

Mulai dari meng-upgrade kemiliteran di Afrika, khususnya di bidang survival, strategi, bela diri yang tidak begitu tergantung pada peralatan canggih. Kopassus TNI AD diminta Afrika Utara untuk membantu itu semua.

4. Brunei Darussalam

Ternyata Brunei Darussalam juga tertarik dengan kekuatan Kopassus TNI AD. Secara terang-terangan pemerintahnya, meminta Indonesia untuk melatih anggota militernya.

Saking percayanya dengan Indonesia, Brunei meminta untuk menyewa Kopassus, guna melatih grup tembak militer Brunei yang akan tampil di sebuah ajang tembak dunia.

5.Kamboja

Kamboja menjadi salah satu negara, yang telah membuktikan keunggulan pasukan militer milik Indonesia. Kala itu militer Kamboja dilatih oleh satuan TNI AD bernama Batalyon Komando 911.

Hingga saat ini, militer Kamboja yang dilatih Kopassus digadang-gadang sebagai salah satu satuan paling ganas lho di Kamboja. Hal ini berkat keunggulan Indonesia yang akhirnya dipercaya untuk melatih pasukan negara tersebut.

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :