Lagi, Wisatawan Tertipu Beli Durian Kosong di Pasar Cheng Ho

Aksi curang oknum penjual durian kosong di Pasar Wisata Cheng Ho, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan kembali terjadi, Kamis (5/4/2022). Kali ini, sebuah video menunjukkan seorang pembeli menerima durian kosong.

Informasi tersebut didapat dari melalui unggahan facebook. Firman Bachtiar, sang pemilik akun mengaku kecewa setelah memborong durian dari seorang pedagang di Pasar Wisata Cheng Ho. Pasalnya, durian yang dibelinya kosong dan busuk.

Ati-ati ambek penjual duren lokasi pandaan masjid cheng ho, penjuale kanan dalan arah masuk. Duren 5 kosong kabeh (Hati-hati dengan penjual duren lokasi di Pandaan Masjid Cheng Ho, penjualnya di kanan jalan arah masuk. Durian 5 kosong semua),” tulis Firman Bachtiar di akun facebook miliknya.

Wahyu Wibowo, Kepala Pasar Wisata Cheng Hoo membenarkan adanya aksi curang oknum penjual durian kosong tersebut. Aksi itu bermula saat dua orang termasuk Firman membeli durian di wilayah Pasar Cheng Hoo. Namun, kedua orang tersebut malah tertipu mendapat durian kosong dan busuk.

Korban Firman kepingin buah durian buat dimakan di rumah saudaranya Rizki. Waktu beli mereka minta dibukakan durian. Tapi pedagang yang curang bilang jangan di buka nanti ada operasi Satpol PP,” kata Wahyu.

Setelah membeli durian, Firman dan temannya kemudian membuka satu persatu durian di rumahnya. Baru pertama kali membuka, durian pertama busuk. Begitu juga dengan durian kedua.

Karena emosi, kedua korban pun kembali ke pasar wisata Cheng Hoo untuk meminta ganti rugi. Namun, bukannya memberi ganti buah durian segar, Taufiq seorang penjual durian tersebut malah menukarnya kembali dengan durian busuk.

“Digantilah 2 buah durian, tapi setelah dibuka lagi ternyata busuk juga. Karena kecewa korban berinisiatif untuk memviralkannya di facebook,” tandasnya.

Setelah viral di media sosial, Wahyu pun menghubungi korban dan pelaku untuk dimediasi. Kedua belah pihak pun sepakat damai. Pelaku penjual durian kosong juga dilarang berjualan di area pasar wisata Cheng Hoo.

Uang korban dikembalikan dan diganti uang bensin. Pelaku untuk sementara waktu saya tidak perbolehkan berjualan wilayah di pasar cheng hoo,” lanjutnya.

Wahyu menyebut jika sejumlah penjual durian yang berada di luar atau yang tak mempunyai izin akan segera di proses. Walaupun bukan di area dalam pasar, namun masih berada di wilayah pasar tersebut.

“Yang itu nggak termasuk penjual durian yang sudah ada izin lapaknya. Pokoknya semua pedagang saya himbau agar tak curang untuk menjual durian,” tutupnya. (Tim/Sam)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :