Dua Pasien Positif Omicron di Indonesia Meninggal, Ini Gejalanya

Penyebaran covid-19 varian omicron di Indonesia terus bertambah. Bahkan, dua diantaranya meninggal dunia. Hal itu diumumkan Kementerian Kesehatan RI pada Sabtu (22/1/2022).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes RI, dr Siti Nadia Tarmizi menyatakan, gejala yang dikeluhkan kedua pasien termasuk kategori berat.

Dan keduanya memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid, salah satunya sudah divaksinasi lengkap. “Gejala berat (kedua pasien COVID-19 ini). Mengeluh sesak napas,” ungkapnya.

Di sisi lain, dr Nadia menyebut keduanya belum sempat dirawat di ruang ICU. Namun, dalam masa perawatan, mereka sudah mendapat tambahan oksigen karena saturasi rendah.

dr Nadia sebelumnya meminta masyarakat, khususnya kelompok lansia, segera mendapat vaksinasi booster demi meningkatkan antibodi yang bisa menurun setelah enam bulan disuntik vaksin COVID-19 lengkap, dua dosis.

Sementara Prof Tim Spector, ilmuwan utama dalam studi ZOE COVID, seperti dikutip dari Mirror UK, menyatakan saat virus berevolusi gejala yang muncul juga akan terus berubah.

Saat varian asli COVID-19 dan Alpha muncul, ada tiga gejala yang sangat umum terjadi yaitu batuk, demam, dan kehilangan penciuman.

Sedangkan ketika varian Delta muncul, ada perubahan gejala yang paling sering dilaporkan, seperti pilek, sakit tenggorokan dan bersin terus-menerus. Gejala umum lainnya yaitu sakit kepala dan batuk, terutama pada orang yang telah divaksinasi.

Menurutnya, gejala varian Omicron pada pasien yang sudah divaksinasi tidak jauh berbeda dengan Delta dan mirip seperti flu biasa. Namun, tingkat keparahannya mungkin jauh lebih ringan.

“Ini menyebabkan gejala yang muncul lebih mirip flu biasa, terutama pada orang yang telah divaksinasi, dan lebih sedikit gejala sistemik umum, seperti mual, nyeri otot, diare, dan ruam kulit,” lanjutnya.

Berikut 9 gejala umum varian Omicron pada orang yang sudah divaksinasi berdasarkan aplikasi ZOE Covid:

Pilek, Sakit tenggorokan, Bersin, Sakit kepala, Batuk, Mual, Nyeri otot, Diare, Ruam kulit.(tim/say)

Baca juga :