Dua Warga Jawa Tmur Positif Omicron, Ini Kisah Lengkapnya

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur

Dua warga Jawa Timur dinyatakan positif terinveksi Covid-19 varian Omicron. Kesua pasien tersebut diketahui sempat berlibur di Bali.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Kesehatan, dua pasien tersebut adalah warga Surabaya. “Keduanya habis berlibur ke Pulau Bali bersama keluarga besar,” kata dr Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan. Minggu (2/1/2022).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya, mengatakan, pasien asal Surabaya itu datang ke Bali menggunakan jalur darat dan berkunjung ke sejumlah tempat sejak tanggal 20 hingga 25 Desember 2021.

Wisatawan itu bermalam di kawasan daerah Sawangan Nusa Dua, Kabupaten Badung. Dan mengaku sudah memakai aplikasi PeduliLindungi. “Dia lupa ke mana dan sama siapa saja, yang jelas dia sempat jalan-jalan ke beberapa tempat tapi dia tidak ingat dengan siapa saja bertemu,” kata Suarjaya.

Saat ini, pasien sedang dirawat di rumah sakit dan agak susah dikontak, pihaknya juga mengaku sedikit kesulitan melacak ke mana saja pasien tersebut berpindah lokasi.

Suarjaya mengaku sudah menerjunkan tim ke lokasi tempat pasien itu menginap selama di Bali dan sudah dilakukan tracing pada kontak erat di tempat menginap dan dilanjutkan dengan swab PCR.

Sementara Satgas Penanganan Covid-19 Surabaya pun kini melakukan sejumlah upaya. Salah satunya mengisolasi sementara rumah keluarga yang terjangkit.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tidak panik merespons kabar terdeteksinya varian baru itu di Surabaya.

“Kita tidak boleh panik, tapi yang terpenting harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan,” ujarnya.

Khofifah juga meminta agar warga Jatim yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segera mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin.(tim/say)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :