Bikin Curiga, Ambulans Toyota Innova Diangkut Truk Digerebek Petugas, Isinya pun Ilegal

Penampakan rokok ilegal yang diselundupkan di ambulans Toyota Kijang Innova (Dok. Bea Cukai Jateng DIY)

Sebuah mobil ambulans jenis Toyota Innova diangkut truk, hal ini pun mencurigakan petugas hingga akhirnya digerebek petugas tim Bea Cukai.

Penggerebekan truk angkut ambulans ini dilakukan di gerbang tol Adiwerna, kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada (24/7/21). Diduga, ambulans ini sempat kecelakaan di Sampang, Madura.

Dan yang lebih mengejutkan lagi, ternyata di dalam mobil ambulans tersebut berisi barang ilegal. Yakni berupa ratusan ribu batang rokok ilegal senilai Rp228,5 juta.

Selain itu, mobil ambulans tersebut juga dalam kondisi ringsek, dan barang bukti berada di dalam ambulans tersebut sebanyak 14 karton rokok berisikan 224.000 batang rokok ilegal.

Moch Arif Setijo Nugroho, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, mengatakan, kasus penggerebekan rokok ilegal ini sudah diproses hukum.

Pelaku peredaran rokok illegal dapat dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Pelaku diancam dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun dan/atau pidana denda paling sedikit 2 (dua) kali nilai cukai dan paling banyak 10 (sepuluh) kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.(tim/say)

Sumber : Gridoto.com

Baca juga :