Ternyata, Ada Kabupaten di Indonesia Klaim Tak Terdampak Covid-19 alias 0 Kasus

Yuni Shara, Berkebaya Hijau dengan Masker Merah Putih (ist)

Pandemi Covid-19 sudah setahun lebih melanda hampir seluruh daerah di Indonesia. Meski demikian, ada satu Kabupaten yang sampai saat ini diklaim belum tersentuh oleh Covid-19.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, hingga kini daerah tersebut masih Zona Hijau. Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19, daerah itu adalah Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua.

Mengutip laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua, Dogiyai adalah Kabupaten di Provinsi Papua yang dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 bersaman dengan pembentukkan 5 kabupaten lainnya di papua berdasarkan UU No 8 Tahun 2008.

Kok bisa tak ada kasus corona ?

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Papua – Silwanus Sumule menyatakan, belum adanya kasus Covid-19 di daerahnya tersebut belum bisa dipastikan penyebabnya.

Namun, ada kemungkinan daerah itu telah melakukan langkah pencegahan secara cepat. Baik penerapan protokol kesehatan yang ketat dan berhasil menekan aktivitas masyarakat serta melakukan screening.

Selain itu, meski Dogiyai memiliki akses jalur darat, tetapi jarak tempuhnya cukup jauh dengan jalur berbukit. Sehingga membuat minimnya mobilitas.

Disisi lain, ada juga peluang Kabupaten Dogiyai tidak benar-benar bebas dari virus corona. Tapi berfasarkan data, muncul fakta bahwa Kabupaten Dogiyai zona hijau dan tak terdampak Covid-19.(tim/say)

Baca juga :