Kasus Baru Sudah Tembus 40 Ribu, Luhut Sudah Siapkan Skenario Terburuk

Kasus baru Covid-19 di Indonesia sudah menembus 40 ribu. Pemerintah pun sudah menyiapkan skenario terburuk. Apa itu ?

Luhut Pandjaitan, Koordinator PPKM Darurat yang juga Menko Kemaritiman dan Investasi, sebelumnya menyatakan soal skenario terburuk yang telah disiapkan untuk menghadapi memburuk kasus corona ketika sudah tembus 40 ribu kasus baru.

Artinya, penambahan kasus baru mencapai 40 ribu itu sebagai batasan penerapan skenario terburuk. Diantaranya dengan menerima bantuan dari luar negeri.

Sejak Senin (12/7/2021), angka harian COVID-19 yang disampaikan menunjukkan ada 40.427 kasus baru COVID-19. “Sekarang kami sudah buat skenario gimana kalau kasus ini 40 ribu. Jadi kita sudah hitung worst-case scenario, lebih dari 40 ribu. Bagaimana tadi suplai oksigen, bagaimana suplai obat, bagaimana suplai rumah sakit, semua sudah kami hitung,” ungkapnya, seperti dikutip dari detik.com

Skenario konkretnya, bila kasus makin memburuk menembus 40 ribu, Indonesia akan meminta bantuan luar negeri. Negeri Singa di seberang Riau dan Negeri Tirai Bambu di utara bakal dimintai tolong oleh Indonesia bila itu terjadi.

“Kalau ada yang bilang tadi perlu bantuan dari luar kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok, dan komunikasi dengan sumber-sumber lain,” kata Luhut.

Berita Lanjutan : Apakah skenario itu sudah berjalan?

Baca juga :