Inilho, 15 Istilah Jual Beli Online, Dari COD, PCB, PO hingga No Afgan

5. DM atau PM

DM atau direct message adalah percakapan pribadi antara penjual dan pembeli, yang membicarakan atau menanyakan mengenai produk yang akan dijual dan dibeli. DM juga biasa dikenal dengan PM atau private message.

6. Slow respon

Slow respon adalah istilah yang diberikan untuk penjual online yang tidak tanggap atau cepat dalam membalas pertanyaan pembeli, baik melalui chat (DM/PM) ataupun di forum diskusi.

7. PCB

PCB adalah singkatan dari pantau cocok bayar. Artinya, calon pembeli diharapkan datang langsung ke lokasi yang ditetapkan oleh penjual.

8. WTS dan WTB

WTS adalah kependekan dari want to sell. Artinya, ada seseorang yang ingin menjual barangnya, biasanya dilakukan di forum jual beli. Kebalikan dari WTS adalah WTB atau want to buy.

9. DP

DP adalah istilah yang mungkin sudah tak asing lagi. DP merupakan singkatan dari Down Payment alias uang muka.

10. No afgan dan sadis

No afgan adalah istilah di mana penjual tidak menerima pembeli yang menawar barang terlalu rendah. Penjual tetap membuka tawar menawar, namun dengan selisih yang tidak terlalu jauh. Istilah no afgan sendiri diambil dari penyanyi terkenal Afgan yang mempopulerkan lagu berjudul Sadis.

11. Tijek

Tijek adalah kependekan dari mati pajek atau mati majak. Tijek biasanya hanya digunakan untuk jual beli kendaraan online, baik mobil atau motor. Sebagai contoh, penjual menulis deskripsi “tijek 2”. Artinya kendaraan yang ditawarkan pajaknya belum dibayarkan selama 2 tahun.

12. TS

TS adalah istilah yang digunakan oleh orang yang pertama kali memposting penawaran barang. TS lazim dipakai dalam jual beli online di media sosial dan forum jual beli online. Istilah TS diambil dari thread starter.

13. Net

Net adalah istilah yang digunakan terhadap harga suatu barang yang sudah pas menurut penjual dan tidak bisa ditawar lagi. Dengan menambah deskripsi net, penjual menolak pembeli untuk menawar barang.

14. A dan B

A dan B adalah istilah yang lazim digunakan untuk jual beli hewan peliharaan. A merujuk pada angka Rp 100.000. Sementara B adalah istilah untuk nominal Rp 50.000.

Jika seorang menyebutkan harga A2, maka harga yang ditawarkan adalah Rp 200.000. Kemudian jika penjual menulis A3B1 artinya Rp 350.000.

15. Mahar

Mahar adalah istilah lain dari harga yang ditawarkan atau harga yang diminta penjual.

(tim/say)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :