Presiden Minta Masukan Masyarakat atas Pra-Desain Istana Negara Karya Pematung asal Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masukan masyarakat atas pra-desain kantor kepresidenan atau istana negara ibu kota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

Pra-desain istana negara ini merupakan hasil karya pematung asal Bali, I Nyoman Nuarta.

Mengutip cuitan Jokowi dalam akun Instagram resminya @jokowi, Jumat (02/04/2021). “Saya mengharapkan masukan dari Anda semua tentang pradesain,” cuit Jokowi.

Berdasarkan masukan tersebut, Jokowi akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperkaya pra-desain menjadi dasar desain istana negara di IKN baru.

Sebagaimana diketahui, salah satu usulan pra-desain istana negara di IKN yaitu karya pematung Nyoman Nuarta yang berbentuk burung garuda.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata juga menyatakan, bahwa desain istana negara karya Nyoman Nuarta merupakan gagasan awal sehingga prosesnya terus bergulir.

‚ÄúDesain Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) baru yang berbentuk burung Garuda tersebut adalah rancangan biro arsitek Nuart Consultant yang dimiliki Nyoman Nuarta,” kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (01/03/2021).

Rudy menambahkan, desain tersebut merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana.(tim/say)

Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :