Merasa DiPHK Sepihak, Puluhan Buruh di Mojokerto Demo

Aksi unjuk rasa dilakukan puluhan buruh dari warga Desa Perning, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto di pabrik PT. Triyuda Cipta Sentosa. Mereka memprotes pihak managemen perusahaan yang dianggap melakukan PHK sepihak.

Informasi yang dihimpun suaramojokerto.com, unjuk rasa digelar didepan pabrik PT Triyuda Cipta Sentosa yang berada di Jalan Raya Perning, Kecamatan Jetis, Mojokerto. Para warga ini mengatasnaman Serikat Buruh Bersama Rakyat Bergerak (SKOBAR).

Dalam aksinya, mereka membentangkan sejumlah poster dan spanduk bertuliskan tuntutan depan pintu gerbang pabrik yang bergerak di bidang stainles pipa. Bahkan, mereka juga sempat mendirikan tenda, meski dijaga ketat oleh aparat TNI-Polri.

Khusnul Fasikin Koordinator Aksi yang juga ketua Serikat Buruh Bersama Rakyat Bergerak (SKOBAR) mengatakan, aksi kali ini menuntut agar 14 warga Desa Perning yang dikeluarkan secara sepihak oleh pihak pabrik bisa dipekerjakan kembali.

“Alasan pihak management mengeluarkan warga Desa Perning yang bekerja sejak 2017 ini karena kontrak mereka habis, padahal selama ini tidak ada kontrak,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini warga Desa Perning yang bekerja di pabrik hanya menyodorkan permohonan lalu bekerja. “Memang pada empat bulan yang lalu warga yang bekerja disini (PT. Triyuda Cipta Sentosa, Red) sempat tanda tangan kontrak. Warga ya nurut saja lah kok ini pada Kamis Kemarin dikeluarkan, alasannya kontraknya habis, tapi malah pihak pabrik menerima orang baru dari luar,” jelasnya.

Khusnul Fasikin juga mengatakan, selama ini warga tidak pernah protes, meskipun kadang selama satu bulan hanya bekerja satu minggu dan dibayar di bawah UMK serta tidak mendapatkan tunjangan BPJS. “Kita hanya ingin bekerja demi kelangsungan hidup,” tambahnya.

Para buruh pun sempat bertemu bertemu dengan perwakilan dari pabrik (HRD), tapi ia tidak bisa memberikan kepastian. Dan para buruh pun mengancam akan kembali melakukan ujuk rasa dilokasi yang sama, jika tuntutannya tidak dipenuhi.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Baca juga :