Ini Cara Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Subur dsn Berbuah Lebat dengan Pupuk Garam dan Micin

Memiliki tanaman cabai di rumah yang tumbuh subur dengan buah yang lebat tentu sangat indah dipandang. Apalagi, sekarang harga cabai sedang meroket, tentunya akan bisa bikin kita lebih hemat.

Nah, yang perlu diketahui adalah, bagaimana caranya menaman cabai di halaman agar lebih asri, dan buahnya bisa dipetik tiap hari untuk memasak.

Sebenarnya, cara menanam cabai termasuk sederhana dan mudah. Tapi, terkadang cabai yang hampir atau sudah berbuah mengalami kerontokan, atau bahkan rusak.

Mengutip kanal Youtube Taman Inspirasi, Jumat (26/2/2021), untuk membuat tanaman cabai tumbuh dengan subur, kita bisa menggunakan micin dan garam sebagai pupuknya.

Karena, Garam dapur dapat digunakan untuk meningkatkan produksi tanaman. Dengan kandungan natrium dan klor dalan garam dapat memberikan unsur mikro yang dimanfaatkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan subur.

Selain itu, NaCl dapat membantu menyuburkan tanah dengan mikroorganisme yang dimiliki oleh garam dan dapat membantu menyimpan air di dalam tanah saat musim kemarau berlangsung.

Garam juga dapat membantu menyuburkan tanaman secara alami tanpa bahan kimia yang bisa merusak tanah, serta bisa memperkuat daya tahan tanaman karena memiliki kandungan senyawa ionik.

Manfaat lainnya adalah dapat mencegah bunga rontok sebelum waktunya tiba, dan dapat membantu mencegah hama datang. Jamur dan bakteri berbahaya pun bisa dicegah menggunakan pupuk garam dan micin ini.

Dengan pupuk garam dan micin, bisa mengatasi cabainya yang keriting juga bisa membuat tanaman cabai memiliki buah yang lebih sehat dan rimbun.

Sementara untuk cara dan takarannya :

Gunakan air kolam sebagai campuran Garam dan Micin, karena air kolam ikan memiliki gizi yang bagus.

Isi wadah dengan air kolam ikan sebanyak tiga liter, kemudian masukkan tiga sendok garam dapur, dan tiga sendok micin. Atau, kalau ingin membuat lebih sedikit, gunakan takaran yang sama, yakni 1 sendok micin dan garam untuk 1 liter air.

Sesuaikan dengan kebutuhan tanaman masing-masing, mulai dari usia tanaman, serta jenis tanamannya. Khusus untuk tanaman cabai yang sudah mulai berbuah, berikan takaran tiga liter air, tiga sendok micin, dan tiga sendok garam.

Setelah itu, aduk hingga larut, lalu siramkan ke tanaman cabai sesuaikan dengan tanaman.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :