Terobos Kawasan Ring 1, Pengendara Moge Dilumpuhkan, Ini Kata Paspampres

Foto : Rombongan moge saat menuju puncak.(KOMPAS TV)

Peristiwa rombongan pengendara motor gede (Moge) yang dihadang oleh Paspampres saat berkendara di Jalan Veteran III, belakang Istana Kepresidenan, bahkan sempat ditendang hingga terjatuh dibenarkan oleh Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres) Letkol Inf Wisnu Herlambang.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (21/2/2021) lalu dan sempat terekam camera pengendara moge dan diunggah channel Youtube dan beberapa akun Instagram.

Letkol Inf Wisnu Herlambang, Asisten Intelijen Pasukan Pengamanan Presiden ( Paspampres) mengatakann, sejumlah pengendara itu terpaksa harus dilumpuhkan oleh petugas Paspampres karena menerobos jalan yang tengah ditutup.

Kata Wisnu, saat itu sejumlah petugas Paspampres tengah melaksanakan pengamanan instalasi di kantor Wakil Presiden. Oleh karena itu, jalan Veteran III yang biasanya dibuka untuk umum saat itu ditutup untuk sementara.

Petugas juga sudah memasang rambu pembatas jalan sebagai penanda jalanan tersebut ditutup. Namun, tiba-tiba para pengendara motor itu melintas dengan kecepatan tinggi dan suara knalpot yang berisik.

“Kalau dia nerobos itu sudah masuk bahaya tidak langsung, maupun ancaman yang bersifat terbuka. Itu merupakan batas pelanggaran ring 1. Jadi bisa dilumpuhkan,” ungkapnya, seperti dikutip daru Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Wisnu juga menegaskan bahwa tindakan petugas yang melumpuhkan pengendara motor itu dengan menendangnya itu sudah sesuai prosedur.

“Itu sudah masuk kategori bahaya tidak langsung. Dan karena sikap kewaspadaan anggota, sudah terlatih, dia waspada. Apapun ceritanya, kita lumpuhkan dulu,” ujarnya.

Tindakan anggota Paspampres itu sudah sesuai dengan petunjuk teknis yang terdapat dalam surat keputusan Panglima TNI. “Itu sebenarnya masih manusiawi. Kalau menerobos itu sebenarnya bisa ditembak karena anggota dilengkapi dengan senjata,” katanya.

Sementara dalam Video yang diunggah menunjukkan adanya rombongan pengendara motor dihadang Paspampres yang viral di media sosial.

Dalam video itu, tampak petugas Paspampres menyetop rombongan pengendara motor yang tengah melakukan sunday morning ride (Sunmori) di Jalan Veteran III, belakang Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Terlihat salah satu petugas dengan menggenggam pistol menendang salah satu motor pengendara hingga terjatuh.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :