Usai Disuntik Vaksin Sinovac, Kasdim Gresik Meninggal Dunia, Begini Faktanya

Telah beredar sebuah informasi di media sosial yang menyebut Mayor Inf Sugeng Riyadi Kasdim Gresik meninggal dunia setelah disutik vaksin COVID-19 Sinovac.

“Innalillahi wainalilahi roziun.Vaksin pertama, Kasdim 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi. Tadi malam Dan Ramil Kebumas Gresik meninggal akibat siangnya disuntik vaksin…pagi ini proses pemakaman…hati2 bahaya vaksin ini nyata.” Ucap seseorang, seperti yang dikutip dari Viva.co.id

Fakta Sesungguhnya

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com menyebut, Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi meninggal dunia usai disuntik vaksin COVID-19 Sinovac adalah menyesatkan, alias HOAX.

Hal ini ditegaskan Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya Kolonel Arm Imam Haryadi, Senin, 18 Januari 2021.

“Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal’afiat. Jadi tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac,” ujar Kolonel Imam.

Terkait dengan foto yang dilingkari dalam gambar yang beredar, foto tersebut adalah foto Alm Mayor Kav Gatot Supriyono, Danramil Kobomas Kodim 0817 Gresik.

Mayor Gatot meninggal dunia pada Jumat, 15 Januari 2021 pukul 23.06, diduga akibat serangan jantung. Dan, almarhum Mayor Kav Gatot Supriyono belum pernah disuntik vaksin Sinovac. Mayor Gatot sendiri sudah melaksanakan rapid test antigen di Poskes Gresik pada Kamis, 10 Januari 2021 dengan hasil negarif.

“Adapun foto yang beredar diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021, saat yang bersangkutan mendampingi Danrem 084/BJ beserta keluarga melaksanakan ziarah ke makam Sunan Giri di Gresik,” tuturnya.

Pada hari yang sama, Kasdim Gresik Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima vaksinasi COVID-19, dengan merek Sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik, menggantikan Dandim 0817/Gresik (Letkol Inf Taufik Ismail, S. Sos. M.I. Pol) dikarenakan pada saat screening, tensi Dandim tinggi.

“Hingga berita ini diturunkan, kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat,” Kolonel Imam menegaskan.

Sehingga, kata Kolonel Imam, masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa vaksin COVID-19 merek Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini. (mya/tim)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Viva.co.id (Naskah Berita Asli)

Baca juga :