Jack Ma Diduga Menghilang usai Kritik China, Ini Kabar Terbarunya

Pendiri Alibaba, Jack Ma, sudah tidak terlihat muncul dipublik sejak 2 bulan lalu setelah ia melontarkan kritikan pedas pada Pemerintah China.

Bahkan, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa miliarder asal China itu “Hilang”, padahal biasanya ia rajin membagikan twitnya setiap hari.

Namun, dugaan hilangnya Jack Ma belakangan ini ditepis oleh jurnalis CNBC David Faber. Menurut Faber yang mendapat informasi dari sumber anonim, Jack Ma bukannya menghilang, melainkan sedang sengaja menghindari sorotan publik.

“Dia tidak ditangkap. Ini bukan situasi seperti Chairman Wu,” kata Faber dalam acara CNBC Tuesday, mengacu pada bos Anbang Insurance yang divonis 18 tahun penjara pada tahun 2018.

Lalu, di manakah Jack Ma sekarang? Faber mengatakan bahwa bos Alibaba itu kemungkinan besar berada di Kota Hangzhou, lokasi markas perusahaan tersebut.

Sementara seperti apa kicauan Jack Ma yang membuat pemerintah China Panas ?

Pada 24 Oktober lalu, Jack Ma melontarkan kritik pedas terhadap regulator finansial dan perbankan China dalam sebuah pidato di Shanghai.

Jack Ma menuding bahwa bank-bank di China beroperasi dengan mentalitas “rumah gadai” menyangkut jaminan untuk kredit, sedangkan regulasi perbankan yang berlaku dinilainya menghambat inovasi dan harus direformasi guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pernyataan Ma ini agaknya membuat panas telinga Pemerintah China. Sehingga kemudian, mulai melakukan investigasi terkait dugaan praktik anti-monopoli yang dilakukan oleh perusahaan milik Ma, Alibaba Group Holding Ltd.

Pemerintah China juga dikabarkan membentuk satgas khusus secara terpisah untuk mengawasi perusahaan afiliasi Alibaba, Ant Group.

Kritikan Ma juga membuat China mulai memperketat regulasi bisnis fintech sehingga perusahaan Ant Group gagal melantai di bursa beberapa waktu lalu.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :